Sukses


9 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu sebelum Menjadi Lebih Parah

Bola.com, Jakarta - Flu adalah penyakit yang sering terjadi dan dapat mengganggu keseharian kita. Gejala awal flu seperti demam, hidung berair, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala, bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, sebelum flu menjadi lebih parah, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi gejala awal flu tersebut.

Satu di antaranya adalah dengan istirahat yang cukup. Hal ini penting untuk mempercepat pemulihan dari gejala flu.

Tubuh membutuhkan waktu untuk melawan infeksi dan memperbaiki diri. Jadi, berikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dan hindari aktivitas yang terlalu berat. Usahakan tidur yang cukup setiap malam dan jangan ragu untuk tidur siang jika merasa lelah.

Selain itu, minum banyak cairan, terutama air putih. Flu menyebabkan dehidrasi karena tubuh kehilangan banyak cairan melalui demam dan produksi lendir yang meningkat.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup membantu menjaga kestabilan cairan tubuh, mencegah dehidrasi, dan membantu membersihkan saluran pernapasan.

Ada beberapa cara lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi gejela flu. Untuk mengetahui dan memahaminya lebih lanjut, kamu bisa menyimak artikel ini.

Berikut sembilan cara mengatasi gejala awal flu sebelum menjadi lebih parah, Jumat (3/5/2024). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gejala Awal Flu sebelum Menjadi Lebih Parah

1. Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari flu, jadi beristirahatlah yang cukup dan hindari aktivitas berat agar tubuh dapat melawan virus dengan efektif.

2. Konsumsi Cairan yang Cukup

Minumlah banyak air dan cairan lainnya seperti jus buah atau sup hangat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cairan yang cukup membantu meringankan gejala seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

3. Garam Air Hangat

Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi pembengkakan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gejala Awal Flu sebelum Menjadi Lebih Parah

4. Gunakan Tissue Sekali Pakai

Untuk mencegah penyebaran virus, gunakan tisu satu kali pakai saat bersin atau batuk, kemudian buang tisunya dengan benar.

5. Rileksasi

Melakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam-dalam dapat membantu mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Garam dan Soda Tanah

Menghirup uap air hangat yang diberi garam atau soda kue beberapa kali sehari dapat membantu melonggarkan lendir di saluran pernapasan dan meringankan hidung tersumbat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gejala Awal Flu sebelum Menjadi Lebih Parah

7. Suhu Ruangan yang Nyaman

Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau terlalu dingin karena suhu yang stabil dapat membantu tubuh dalam pemulihan.

8. Vitamin C

Konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, atau brokoli, atau minum suplemen vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan flu.

9. Hindari Paparan Asap Rokok dan Alkohol

Asap rokok dan alkohol dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan memperparah gejala flu, jadi hindarilah paparan dari kedua zat ini.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer