Sukses


Yes! Bungkam Korea, Indonesia Hadapi Chinese Taipei di Semifinal Piala Thomas 2024

Bola.com, Jakarta - Tim Thomas Indonesia berhasil melangkah ke semifinal Piala Thomas 2024. Anthony Ginting dkk. mampu menyudahi perlawanan Korea Selatan dengan kemenangan 3-1 di perempat final yang digelar di Chengdu, China, Jumat (3/5/2024).

Anthony Ginting mengawali perjuangan tim Thomas Indonesia di perempat final Piala Thomas 2024 dengan pertarungan yang sangat sengit melawan Jeon Hyeok-jin. Anthony Ginting bermain hingga rubber gim untuk kemenangan 14-21, 21-16, dan 21-16.

Bahkan pada gim pertama, Anthony Ginting sama sekali tak mampu memperoleh poin yang lebih besar dari Jeon Hyeok-jin hingga gim tersebut berakhir. Namun, Ginting mampu bangkit dan meraih kemenangan identik 21-16 pada dua gim selanjutnya.

"Mengucap syukur bisa bermain dengan baik, bisa keluar dari tekanan dengan baik hari ini. Sebuah pertandignan yang ketat," ucap Anthony Ginting setelah pertandingan.

"Tidak ada kepikiran tentang kekalahan lawan India kemarin. Ini pertandingan baru di perempat final. Malah itu jadi pacuan saya untuk menampilkan performa yang bagus dulu," lanjutnya.

Sayangnya, mentalitas luar biasa yang diperlihatkan Anthony Ginting tak menular kepada ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, yang bermain di pertandigan kedua melawan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Fikri/Bagas langsung takluk dalam dua gim dari pasangan Korea Selatan itu dengan skor 15-21 dan 12-21. Fikri/Bagas hanya mampu memberikan perlawanan sengit pada awal hingga pertengahan gim pertama.

Setelah itu, ganda putra Indonesia itu kesulitan untuk memberikan perlawanan. Korea Selatan pun membuat kedudukan laga perempat final Piala Thomas 2024 itu menjadi imbang 1-1.

"Kami kecewa dengan penampilan hari ini, mohon maaf kepada tim belum bisa menyumbagn poin," ujar Fikri.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jojo Bawa Indonesia Unggul Lagi

Sementara itu, Jonatan Christie berhasil membawa tim putra Indonesia Kembali unggul atas Korea Selatan setelah mampu mengalahkan Cho Geonyeop pada pertandingan ketiga dengan skor 17-21, 21-17, dan 21-10.

Duel dua tunggal putra ini berjalan sengit seperti yang dijalani Anthony Ginting pada pertandingan pertama. Jonatan Christie juga harus kalah 17-21 pada gim pertama.

Sempat unggul 3-0 pada gim pertama, Jojo kemudian terus tertinggal an tak lagi mampu mengejar perolehan poin Cho Geonyeop.

Namun, Jojo bangkit pada gim kedua. Tunggal putra Indonesia yang berhasil menjuarai All England 2024 itu membalas kekalahan gim pertama dengan kemenangan 21-17 pada gim kedua.

Sementara pada gim penentu, Jojo meraih kemenangan mudah 21-10 untuk mengunci kemenangan dan membawa Indonesia unggul 2-1 atas Korea Selatan.

"Sangat senang, bahagia, tetapi memang terbayang kenangan buruk di Asian Games. Kembali teringat momen itu dan cukup berdampak terhadap permainan saya di gim pertama," ujar Jojo.

"Pada tiga poin awal saya sudah bisa mengontrol, tetapi setelah itu lawan bermain tanpa beban, lebih all out. Pada gim kedua, saya coba sekuat tenaga untuk mengubah strategi dan mendapatkan kembali percaya dirinya. Itu semua berjalan hingga selesai," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Fajar/Daniel Memastikan Indonesia ke Semifinal

Setelah unggul 2-1, Indonesia menurunkan ganda putra yang tidak biasa. Fajar Alfian dipasangkan dengan Daniel Marthin untuk menghadapi pasangan Korea Selatan, Ki Dong-ju/Kim Won-ho. Pasangan Fajar/Daniel ternyata mampu bermain apik dan menang mudah 21-12 dan 21-13.

Pada gim pertama, perolehan Fajar/Daniel tidak mampu dikejar oleh Ki Dong-ju/Kim Won-ho. Sejak awal, tak sekali pun Fajar/Daniel bisa dikejar oleh pasangan lawan dan pada akhirnya mampu unggul jauh hingga menang 21-12.

Sementara pada gim kedua, Fajar/Daniel sempat dipersulit leh Ki/Kim. Namun, seperti pada gim pertama, pasangan Indonesia itu mampu unggul jauh hingga menutup pertandingan dengan 21-13 dan memastikan Indonesia ke semifinal Piala Thomas 2024 dengan kemenangan 3-1 atas Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Hasil Indonesia Vs Korea di Perempat Final Piala Thomas 2024

Anthony Sinisuka Ginting vs Jeon Hyeok-jin: 14-21, 21-16, 21-16

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae: 15-21, 12-21

Jonatan Christie vs Cho Geonyeop: 17-21, 21-17, 21-10

Fajar Alfian/Daniel Marthin vs Ki Dong Ju-Kim Won-ho: 21-12, 21-13

Video Populer

Foto Populer