Sukses


Bacaan Doa Haji Mabrur beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Menunaikan ibadah haji merupakan puncak dari perjalanan spiritual umat Islam. Bagi para jemaah haji yang ingin meraih haji mabrur, doa menjadi kunci utama.

Doa menjadi satu di antara elemen penting dalam mengantarkan langkah para jamaah haji menuju keberkahan dan kemuliaan.

Doa haji mabrur, seperti namanya, adalah doa yang dipanjatkan dengan harapan agar ibadah haji yang dilakukan diterima Allah Swt. dan menghasilkan pahala yang sempurna.

Doa-doa ini mengandung makna mendalam, memohon kelancaran dan kemudahan dalam menjalani ibadah, memohon ampunan atas dosa-dosa, dan memohon pahala terbaik dari Allah Swt.

Doa haji mabrur tidak hanya dipanjatkan di Tanah Suci, tetapi juga di berbagai momen dalam perjalanan haji, dari persiapan, keberangkatan, hingga kepulangan.

Doa-doa ini menjadi pengingat bagi para jemaah haji untuk selalu menjaga niat suci dan fokus pada tujuan utama ibadah haji.

Berikut bacaan doa haji mabrur yang bisa diamalkan para jemaah, disadur dari Merdeka, Kamis (16/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Doa Haji Mabrur

Saat hendak berangkat ke Tanah Suci, jemaah dianjurkan untuk membaca doa. Adapun doa haji mabrur yang bisa diamalkan umat Islam adalah sebagai berikut:

Allahummaj’al hajjan mabruuro, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuuro

Artinya:

"Ya Allah, jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, sa'i yang penuh berkah, dan pengampunan bagi dosa."

3 dari 5 halaman

Doa Berangkat Haji

Doa haji mabrur bisa lafalkan oleh umat muslim agar saat di Tanah Suci diberikan perlindungan dan keselamatan. Selain itu, hal ini sebagai bentuk permohonan agar pelaksanaan haji dapat diterima dan mendapat berkah dari Allah Swt.

Adapun doa berangkat haji yang bisa dibaca adalah sebagai berikut:

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya: "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada."

4 dari 5 halaman

Doa agar Segera Dapat Naik Haji

Setiap muslim yang mampu secara materi maupun tenaga, diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Tentu saja, setiap muslim menginginkan agar bisa berangkat ke Tanah Suci.

Bagi Anda yang belum diberi kesempatan untuk naik haji, sebaiknya membaca doa agar segera dapat naik haji, berikut ini:

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami'ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim.

Artinya: "Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

5 dari 5 halaman

Doa Selamat Pergi Haji

Berikut bacaan doa agar diberi keselamatan selama pergi haji:

Astaudi’ullooha diinaka wa amaanataka wa khowaatiima ‘amalik.

Artinya: "Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Published: 13/6/2023).

Baca artikel seputar haji lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer