Sukses


9 Tanda Red Flag dalam Hubungan yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Istilah red flag berasal dari bahasa Inggris yang berarti 'bendera merah'. Red flag didefinisikan sebuah kondisi berbahaya atau tanda bahwa sesuatu seharusnya dihentikan.

Dalam konteks hubungan, red flag merujuk pada perilaku, sikap, atau kebiasaan yang tidak sehat dan bisa menjadi pertanda bahwa hubungan tersebut tidak baik untukmu.

Red flag bisa muncul dalam berbagai bentuk. Beberapa red flag yang umum ditemui seperti perilaku posesif, cemburu berlebihan, dan kontrol yang ketat.

Selain itu, red flag bisa berupa perilaku kasar, baik secara verbal maupun fisik.

Pasangan yang kerap melontarkan kata-kata kasar, cemoohan, atau bahkan ancaman yang menggunakan kekerasan fisik terhadap dirimu, jelas tidak bisa ditoleransi.

Jika kamu menemukan red flag dalam hubungan, penting untuk tidak mengabaikannya. Cobalah untuk jujur kepada diri sendiri dan evaluasi sejauh mana dirimu bisa menerima perilaku tersebut.

Jika red flag yang kamu temukan sudah terlalu serius dan pasangan tidak mau berubah, mungkin inilah saatnya untuk mengakhiri hubungan demi kebaikan diri sendiri.

Berikut sembilan tanda red flag dalam hubungan yang perlu diwaspadai, Selasa (21/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tanda Red Flag dalam Hubungan

1. Sering Mengabaikan Pasangan

Tidak dilibatkan atau perasaan diabaikan oleh pasangan dalam hubungan asmara menjadi tanda red flag yang dapat membuat kamu merasa rendah diri dan merasa tidak dihargai kehadirannya.

2. Komunikasi yang Merendahkan

Komunikasi adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Namun, jika pasangan sering merendahkan kamu saat berbicara maka itu tanda red flag dan sebaiknya kamu berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan tersebut.

Komunikasi yang merendahkan akan menentukan bagaimana penyelesaian konflik kedepannya.

Perkataan buruk yang selalu dilontarkan pasangan saat berkomunikasi bisa membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak dihargai.

3 dari 6 halaman

Tanda Red Flag dalam Hubungan

3. Dominan dalam Mengambil Keputusan

Tidak bisa diajak kompromi dan selalu mengambil alih keputusan tanpa mempertimbangkan sudut pandang kamu juga menjadi tanda red flag yang perlu disadari dalam hubungan.

Pada pria, ciri-cirinya adalah terlalu sering mengatur apa saja yang kamu harus lakukan. Mereka tidak suka dibantah dan tidak mau mendengar alasan apa pun yang kamu berikan.

4. Manipulatif

Pasangan manipulatif selalu memutar balikan fakta dan tidak mau mengakui kesalahan.

Pasangan biasanya akan melakukan 'gaslighting' atau menuduh kamu berbohong kepadanya dan menyalahkan kamu atas berbagai hal yang terjadi.

Mereka akan bersikap seolah menarik diri dan tidak membuka komunikasi agar kamu merasa bersalah dan merasa tidak layak untuk mengekspresikan diri.

4 dari 6 halaman

Tanda Red Flag dalam Hubungan

5. Melakukan Kekerasan

Hati-hati jika pasanganmu terbiasa melakukan kekerasan terhadap hewan, orang asing atau bahkan orang terdekat. Sebab, ini menjadi pertanda bahwa pasangan tidak bisa menyalurkan emosi dengan cara yang tepat.

Dalam beberapa kasus, hal tersebut juga mengindikasikan bahwa mereka kurang empati terhadap orang lain.

6. Sering Cemburu dan Tidak Percaya

Cemburu dalam suatu hubungan adalah hal wajar. Namun, menjadi tidak wajar jika kecemburuan terjadi terus-menerus.

Mulanya, kamu mungkin merasa pasangan amat perhatian dengan rasa cemburunya. Lama-kelamaan, rasa perhatian ini justru akan membuat kamu terbebani hingga mengganggu hubungan kamu dengan orang lain.

5 dari 6 halaman

Tanda Red Flag dalam Hubungan

7. Selalu Membicarakan Mantan

Membicarakan masa lalu satu sama lain sebenarnya hal biasa dalam suatu hubungan. Namun, kalau pasanganmu sering membicarakan mantannya, sebaiknya tinggalkan saja.

Apalagi jika bahasa yang ia gunakan seolah-olah sedih telah berpisah atau senang saat bersamanya. Bisa jadi pasangan belum move on dari masa lalu. Daripada lelah makan hati, lebih baik segera akhiri.

Sebab, tipe orang seperti ini tidak akan bisa menghormati hubungannya dan pasangan mereka. Pada akhirnya, hubungan ini hanya menyakitimu.

8. Membuat Kamu Dihantui Rasa Bersalah

Tanda pasangan red flag adalah selalu membuat kamu merasa bersalah dan merasa bertanggung jawab penuh atas konflik dalam hubungan.

Sikap ini bisa membuat hubungan asmara menjadi 'toxic' karena menumbuhkan rasa rendah diri dan 'vibes' negatif dalam kehidupan sehari-hari.

6 dari 6 halaman

Tanda Red Flag dalam Hubungan

9. Tidak Ada Kejelasan dalam Hubungan

Kamu tentu sering mendengar istilah hubungan tanpa status, bukan? Biasanya, situasi ini terjadi ketika kamu dan pasangan sudah cukup lama bersama, tetapi tidak punya status hubungan yang jelas.

Memang tidak semua orang merasa membutuhkan status. Namun, jika pasanganmu terlalu banyak alasan ketika diminta kejelasan dalam hubungan, ini bisa menjadi salah tanda red flag.

Tidak adanya komitmen bisa menjadi satu di antara cara mereka membenarkan diri ketika suatu hari menjalin hubungan baru dengan orang lain.

 

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer