Sukses


7 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Bola.com, Jakarta - Kebiasaan mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan telah menjadi masalah kesehatan yang serius di seluruh dunia.

Tidak hanya menimbulkan berbagai penyakit, seperti hipertensi dan penyakit jantung, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Dalam hidup modern saat ini, garam sering digunakan sebagai bumbu penting dalam makanan, membuat kita cenderung mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tanpa menyadari dampak buruknya.

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Garam mengandung natrium, yang berperan dalam mengatur tekanan darah.

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, natrium dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berbahaya bagi kesehatan kita. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat merusak kesehatan ginjal kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring racun dan limbah dari darah, tetapi, ketika terlalu banyak garam masuk ke sistem tubuh kita, ginjal kita akan bekerja keras untuk membuangnya.

Lama kelamaan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

Dalam rangka menjaga kesehatan kita, penting bagi kita untuk mengontrol konsumsi garam. 

Masih ada beberapa bahaya lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika terlalu banyak mengonsumsi garam. Berikut beberapa bahaya terlalu banyak mengonsumsi garam, yang perlu diwaspadai, Selasa (28/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Garam mengandung natrium, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Hal ini memicu berbagai gangguan kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

2. Mengganggu Keseimbangan Cairan Tubuh

Garam membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Namun, jika mengonsumsi terlalu banyak garam, ini dapat mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Akibatnya, tubuh mungkin mengalami pembengkakan, tekanan darah tinggi, dan memengaruhi kinerja organ seperti ginjal yang bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan natrium.

3. Memperburuk Penyakit Ginjal

Kelebihan garam dalam diet dapat berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Ginjal berfungsi sebagai penyaring dalam tubuh dan membuang kelebihan air dan limbah.

Jika tubuh mengonsumsi terlalu banyak garam, ginjal harus bekerja ekstra untuk membuang natrium berlebih. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal, memperburuk kondisi seperti gagal ginjal, dan meningkatkan risiko batu ginjal.

3 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

4. Memicu Osteoporosis

Kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah, seperti osteoporosis, juga dapat dipengaruhi oleh terlalu banyak mengonsumsi garam.

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran kalsium melalui urine, yang bisa membuat tulang menjadi rapuh.

5. Merusak Saluran Pencernaan

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat merusak saluran pencernaan karena tingginya tingkat natrium. Natrium dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit, mengganggu fungsi normal usus, dan merusak lapisan lambung yang bisa mengakibatkan luka atau gangguan pencernaan lainnya.

4 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

6. Meningkatkan Risiko Kanker Lambung

Kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung. Terlalu banyak garam meningkatkan asam lambung, yang dapat memengaruhi lapisan pelindung lambung dan menyebabkan peradangan.

Inflamasi berkepanjangan pada lambung meningkatkan risiko terkena kanker lambung.

7. Menyebabkan Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang terlalu banyak mengandung garam sering kali terkait makanan olahan atau makanan cepat saji yang mengandung natrium tinggi.

Mengonsumsi terlalu banyak garam berarti sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau berlemak tinggi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit metabolik.

 

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer