Sukses


Segala Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Rambut Rusak

Bola.com, Jakarta Rambut rusak bersifat mudah rapuh dan cenderung patah. Kerusakan rambut bisa membuat rambut terlihat keriting, menipis karena rontok, dan nggak sehat. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih yang membuat kerontokan rambut. 

Jadi, kerusakan rambut itu memiliki banyak penyebab yang berbeda-beda. Hal yang harus kamu ketahui, jika ingin memiliki rambut sehat sangat bergantung pada kutikula bagian dalam dan tekstur rambut pada kondisi sisik yang tumpang tindih. Kondisi rambut itulah yang membuat rambut sehat terasa halus saat disentuh. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri-ciri Rambut Rusak

Jika kamu bertanya seperti apa sih rambut rusak itu, jawabannya ada lebih dari satu. Yup, ada banyak tanda bahwa setiap helaian rambut mengalami stres. Mulai dari kerontokan rambut yang berlebihan akibat dari kerusakan rambut hingga warna rambut yang berubah atau kusam. 

Ada lima tanda yang menjadi ciri-ciri rambut rusak, yaitu: 

1. Rambut Terasa Kering dan Mudah Rapuh

Tanda pertama ini, biasanya dilihat dari kilau alami rambut yang berkurang, kering dalam waktu lama yang berakibat jadi lebih sulit untuk ditata. Ketika rambut menjadi kering dan mudah rambut, kemudian dapat menyebabkan masalah lebih lanjut, yaitu bercabang. 

2. Rambut Bercabang

Dijelaskan sebelumnya kalau rambut kering dalam waktu lama, dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang dan terjadi penipisan di ujung rambutnya.  rambut bercabang atau trichoptilosis adalah kondisi ketika ujung rambut membelah, akibat cara perawatan yang nggak tepat. Alhasil, ujung rambut menjadi kering, rapih, dan terlihat terurai menjadi dua bagian atau lebih. 

3. Rambut Rentan Patah dan Rontok Berlebihan

Kamu wajib tahu kalau rambut yang sehat memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik. Jika kamu merasa rambutmu rentan patah, bisa jadi tanda bahwa rambutmu sudah rusak. Bicara soal rambut rontok yang jadi ciri rambut rusak, sebenarnya ada hal lain yang harus kamu ketahui. 

Jadi, rambut akan mengalami kerontokan 50-100 helai setiap hari, lalu akan tumbuh rambut baru. Nah, kerontokan rambut dengan jumlah tersebut adalah normal. Namun, jika kerontokan rambut jumlahnya berlebihan, itu tandanya rambutmu rusak. 

4. Warna Rambut Terlihat Kusam

Rambut yang sehat memiliki kilau alami. Sebaliknya jika rambutmu terlihat kusam berarti akan terlihat nggak berkilau, mengembang, dan disertai dengan rambut yang terasa kasar. 

5. Rambut Kusut 

Rambut kusut ini sering kali dialami rambut yang kering dan keriting karena rambut kurang lembap. Namun rambut lurus juga bisa mengalami kekusutan di rambut. Nah, rambut mudah kusut tersebut terjadi karena kondisi lapisan luar rambut atau kutikula terbuka, hingga saling simpul satu sama lain, dan menyebabkan kusut yang nggak terhindarkan. 

3 dari 5 halaman

Penyebab Rambut Rusak

Tahukah kamu kalau rambut di kepala jumlahnya sekitar 100 ribu helai rambut dan setiap helainya, dapat tumbuh dalam waktu 2-6 tahun. Maka dari itu, rambut harus senantiasa dijaga, agar tumbuh tetap sehat dan nggak rusak. 

Bicara soal rambut rusak, kamu juga harus tahu penyebabnya. Laman Real Simple mengklasifikasikan beberapa penyebabnya berikut ini: 

1. Kerusakan Kimia

Penyebab yang paling umum dari kerusakan rambut disebabkan karena penggunaan bahan kimia, seperti bleaching, pelembut, dan pewarna rambut. Penata rambut selebriti Bernardo Vasconcelos mengatakan kalau rambut rusak akibat bahan kimia, akan menjadi mudah rapuh dan mudah patah. 

"Misalnya saat memutihkan rambut, bahan kimia dapat membuka batang rambut, memecah pigmen asli, dan menyimpan warna baru. Proses itulah yang membuat rambut jadi lemah dan bahan kimia menghilangkan miyak alami rambut, sehingga rentan mengalami kerusakan," katanya. 

2. Kerusakan Panas

Kerusakan akibat panas terjadi ketika rambut terkena suhu yang tinggi. Ini termasuk penggunaan alat penata rambut panas, seperti alat catok, pengeriting rambut, dan hair dryer. Menurut Vasconcelos, paparan panas tinggi pada rambut, dapat merusak kutikula rambut dan mengubah bentuk helaian keratin rambut, sehingga menyebabkan rambut kehilangan elastisitasnya alias kusut. 

3. Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sinar UV nggak hanya membahayakan kulit saja, tapi juga dapat merusak kutikula rambut, sehingga lama kelamaan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Kerusakan ini bisa diperparah, jika kamu melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari, tapi nggak menggunakan pelindung kepala, seperti topi. Rambut yang rusak akibat sinar matahari, sering kali dapat menyebabkan perubahan warna akibat oksidasi, ujung rambut menjadi kering dan mengalami penipisan secara keseluruhan. 

4. Kerusakan Mekanis

Ini adalah jenis kerusakan yang disebabkan karena penanganan nggak tepat, termasuk pengeringan rambut dengan handuk secara berlebihan saat keramas, ketegangan akibat kepang atau pola pengunciran rambut yang ketat.

4 dari 5 halaman

Apa sih Rambut Mati Itu? Ada Hubungannya dengan Rambut Rusak?

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Cosmetic, seperti dikutip laman Allthingshair, secara teknis, rambut yang melekat di kulit kepala kita sudah mati. Itu karena rambut terdiri dari sel-sel mati yang mengeras dan sebagian besar terbuat dari keratin. 

Dalam pengertian sehari-hari, rambut mati adalah rambut rusak. Seringkali terlihat kusam, terasa kasar, mudah patah, ujungnya kering dan bercabang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab. 

Yup, ada penyebab rambut mati, yaitu kebiasaan perawatan rambut yang nggak tepat, seperti mencuci rambut dengan cara mengoleskan sampo ke seluruh bagian rambut. Penggunaan sampo yang tepat saat keramas, untuk mencegah kerusakan rambut sebenarnya hanya di kulit kepala saja. Bukan mengoleskannya ke seluruh rambut lalu menggosokannya. 

Mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan rambut juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Penyebab lainnya seperti disebutkan di penjelasan sebelumnya. 

5 dari 5 halaman

Lalu Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Rambut Rusak?

Rambut adalah mahkota yang harus dijaga agar tetap sehat, berkilau, dan terbebas dari berbagai masalah rambut. Nah untuk mencegah rambut rusak, artinya kamu harus memberikan perawatan terbaik untuk rambutmu. 

Pertama kamu harus memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan masalah rambut yang dialami. Jika kamu memiliki rambut keriting misalnya, ada baiknya menghindari sampo yang mengandung paraben, alkohol, dan bahan kimia lainnya. Hal ini juga dapat diaplikasikan ke rambut lurus. 

Lalu, pilihlah sampo yang memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dapat memperbaiki struktur rambut. Yup, pilihlah sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut rusak. Jangan lupa gunakan juga kondisioner untuk melembutkannya. 

Kedua, setelah keramas untuk mengeringkan rambut, pastikan kamu nggak menggesekkan rambut dengan kasar ke handuk. Keringkan secara lembut. Ketiga, sehabis keramas dan rambut dalam kondisi setengah kering, gunakan Ellips Hair Vitamin Moroccan Series yang merawat, menutrisi, dan melindungi rambut rusak akibat berbagai proses kimiawi. 

Ellips Hair Vitamin Moroccan Series diperkaya dengan Moroccan oil, Jojoba oil, Pro Vit B5, serta Vitamin A, C, dan E. Kandungan Moroccan oil pada Ellips Hair Vitamin berfungsi sebagai antioksidan utama untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada rambut, seperti kering, kusam, rapuh, dan tekstur kasar.

Produk Ellips Hair Vitamin Moroccan series, juga diformulasikan dengan UV dan heat protection yang dapat menjaga rambut agar tetap lembut, sehat, bahkan mencegahnya dari kerusakan sehingga #RambutTetapMuda. 

 

 

(*)

Video Populer

Foto Populer