Sukses


Apa Itu Tapera? Ketahui Manfaat dan Tujuannya untuk Pekerja

Bola.com, Jakarta - Tapera, singkatan dari Tabungan Perumahan Rakyat, adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan utama untuk membantu masyarakat dalam memiliki rumah.

Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta.

Selain itu, Tapera memberikan fasilitas pembiayaan dan subsidi yang dapat membantu meringankan beban peserta dalam memiliki rumah.

Dalam aturan terbaru yang dikeluarkan pemerintah, iuran simpanan Tapera juga akan dibebankan kepada pekerja swasta. Padahal, sebelumnya, iuran Tapera tersebut hanya dibebankan pada para PSN dan ASN, TNI, Polri, serta Pegawai BUMN dan BUMD.

Untk mengetahui lebih lanjut menegani Tapera serta apa manfaat dan tujuannya, Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut penjelasan mengenai Tapera beserta manfaat dan tujuannya, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Apa itu Tapera?

Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) adalah sistem tabungan yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Program ini bertujuan untuk mengumpulkan dana dari peserta yang kemudian digunakan untuk menyediakan pembiayaan perumahan bagi masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Dasar hukum Tapera adalah UUD 1945 Pasal 28 H ayat (1), UU No. 1/2011 tentang Perumahan & Kawasan Pemukiman, UU No. 4/2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat, PP No. 25/2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi pekerja formal maupun pekerja informal yang kini tidak tercover oleh program pensiun pemerintah.

Melalui Tapera, setiap anggota Tapera akan memberikan iuran bulanan yang nantinya akan digunakan sebagai dana pensiun dan dana pembiayaan pemilikan rumah.

Iuran Tapera dikumpulkan oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat yang kemudian menginvestasikan dana tersebut dalam instrumen keuangan yang aman dan menguntungkan.

Selain itu, Tapera memberikan fasilitas insentif berupa kenaikan suku bunga dan pajak yang lebih rendah bagi anggotanya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Tapera

1. Meningkatkan Akses Kepemilikan Rumah

Tapera dirancang untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengakses pembiayaan perumahan konvensional agar dapat memiliki atau memperbaiki rumah.

2. Menyediakan Dana Pembiayaan

Dana yang terkumpul dari tabungan peserta akan dikelola dan diinvestasikan oleh BP Tapera, yang kemudian digunakan untuk memberikan pinjaman perumahan kepada peserta yang memenuhi syarat.

3. Mendorong Kebiasaan Menabung

Dengan sistem tabungan ini, pemerintah berharap dapat mendorong masyarakat untuk menabung secara rutin untuk keperluan perumahan di masa depan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tapera

Akses Pembiayaan Perumahan

Memudahkan masyarakat mendapatkan pembiayaan untuk memiliki rumah sendiri.

Bunga dari Investasi

Peserta mendapatkan manfaat dari bunga yang dihasilkan oleh investasi dana yang dikelola oleh BP Tapera.

Kesejahteraan Masyarakat

Dengan memiliki rumah, kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat diharapkan meningkat.

Kredit Renovasi Rumah

Peserta pekerja dapat mengajukan pembiayaan untuk perbaikan rumah (renovasi). Syaratnya telah menjadi peserta Tapera minimal satu tahun dan mengikuti prosedur yang berlaku.

 

Sumber: Berbagai sumber

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengekik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer