Sukses


Mitos Tokek Datang ke Rumah Menurut Primbon

Bola.com, Jakarta - Mitos tokek datang ke rumah adalah satu di antara kepercayaan yang beredar di masyarakat. Kehadiran tokek di rumah dalam mitos tersebut merupakan pertanda akan keberuntungan.

Mitos ini umumnya terjadi di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Tokek dianggap sebagai binatang yang membawa keberuntungan serta mengusir roh jahat.

Banyak orang percaya bahwa jika tokek datang ke rumah maka akan membawa keberuntungan dan rezeki bagi penghuninya.

Beberapa mitos menyebutkan bahwa tokek yang datang ke rumah merupakan pertanda akan segera menerima berita baik atau sumber pendapatan baru.

Tokek dianggap sebagai simbol kesuburan dan keharmonisan di rumah tangga. Keberadaannya di dalam rumah diyakini akan memberikan suasana yang tenang dan damai.

Mitos ini juga sering ditemui pada pasangan yang sedang berusaha untuk memiliki anak karena kehadiran tokek dianggap sebagai tanda bahwa keluarga sedang dalam proses kehamilan atau persiapan untuk memiliki anak.

Namun, mitos ini masih belum terbukti secara ilmiah. Tokek sebenarnya adalah hewan yang memiliki perilaku khas dalam mencari makan dan berkembang biak. Mereka biasanya memilih tinggal di tempat yang gelap dan lembap, seperti di reruntuhan bangunan atau di sekitar pepohonan.

Kedatangan tokek ke rumah mungkin lebih berkaitan dengan faktor cuaca atau mencari tempat perlindungan daripada sebagai pertanda keberuntungan.

Berikut penjelasan mitos tokek datang ke rumah menurut Primbon, Kamis (30/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Mitos Tokek Datang ke Rumah menurut Primbon

Mitos tokek datang ke rumah menurut primbon adalah kepercayaan atau tradisi yang berkembang dalam masyarakat bahwa kedatangan tokek ke rumah membawa berkah dan pertanda baik.

Dalam Primbon Jawa, tokek dianggap sebagai hewan yang memiliki kekuatan spiritual dan dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Kedatangan tokek ke rumah dianggap sebagai pertanda akan datangnya tamu penting atau berita baik.

Menurut Primbon, jika tokek masuk ke rumah, itu berarti ada keluarga atau sahabat yang akan datang mengunjungi dan membawa kabar gembira, seperti keberuntungan dalam aspek pekerjaan, keuangan, atau asmara.

Kedatangan tokek juga dianggap sebagai tanda perlindungan dan keberanian sehingga orang percaya bahwa rumah yang memiliki tokek akan dijaga dari bahaya dan kejahatan.

Selain itu, tokek dipercaya memiliki kemampuan sebagai penangkal dari roh jahat. Mitos mengatakan bahwa tokek dapat menyerap energi negatif dan menjaga harmoni dalam rumah.

Maka itu, banyak orang yang sengaja membiarkan tokek hidup dalam rumah mereka, atau bahkan memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Dalam beberapa tradisi Jawa, tokek juga diperlakukan dengan hormat dan diyakini sebagai pembawa keberuntungan.

Walau mitos tentang tokek datang ke rumah menurut Primbon masih dipercaya banyak orang, sudah makin jarang ditemukan orang yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa mitos seperti ini masih diteruskan dalam tradisi dan keyakinan masyarakat, tetapi mungkin tidak semua orang menggantungkan keberuntungan atau nasib mereka pada peristiwa datangnya tokek ke rumah.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer