Sukses


7 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Bola.com, Jakarta - Sakit kepala saat bangun tidur adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini menjadi sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas tidur serta kinerja kita sepanjang hari.

Namun, apa sebenarnya penyebab dari sakit kepala ini?

Satu di antara alasan utama mengapa seseorang dapat mengalami sakit kepala ketika bangun tidur adalah karena gangguan tidur.

Tidur yang tidak nyenyak atau terpotong-potong dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terhadap sakit kepala.

Gangguan tidur seperti sleep apnea atau insomnia dapat mengganggu siklus tidur kita dan menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur. Selain itu, kebiasaan tidur yang buruk dapat menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur.

Penting untuk mengetahui penyebab dari sakit kepala saat bangun tidur agar kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegahnya. 

Berikut tujuh penyebab sakit kepala saat bangun tidur, Selasa (4/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

1. Kurang tidur

Satu di antara penyebab paling umum dari sakit kepala saat bangun tidur adalah tidur yang tidak cukup.

Ketakcukupan tidur dapat menyebabkan ketegangan otot, meningkatkan sensitivitas terhadap rangsangan, dan mengganggu sirkulasi darah ke otak.

Kurang tidur juga dapat mengganggu kualitas tidur sehingga orang tersebut sering bangun dengan sakit kepala.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pernapasan selama tidur.

Kelelahan yang dialami oleh penderitanya dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Selain itu, kekurangan oksigen dalam tubuh selama periode sleep apnea dapat menyebabkan sakit kepala.

3. Posisi tidur

Posisi tidur yang salah bisa menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Posisi tidur yang merenggangkan leher atau menekan bagian kepala dapat menyebabkan ketegangan otot leher dan kepala, yang bisa mengakibatkan sakit kepala setelah bangun tidur.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

4. Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh, atau dehidrasi, dapat menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur.

Ketika tubuh kekurangan cairan, otak mengalami penurunan aliran darah dan oksigen, yang menyebabkan pembuluh darah di kepala membesar dan menyebabkan sakit kepala.

5. Stres atau kecemasan

Kondisi mental seperti stres atau kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan aktivitas otak, yang bisa memicu sakit kepala saat bangun tidur.

Stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan ketegangan otot di leher dan kepala, yang juga bisa menyebabkan sakit kepala.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

6. Migrain

Migrain kadang-kadang dapat terjadi saat bangun tidur, terutama migrain dengan aura. Faktor-faktor seperti perubahan pola tidur, kurang tidur, atau stres dapat memicu serangan migrain saat bangun tidur.

7. Konsumsi alkohol atau makanan tertentu

Konsumsi alkohol atau makanan tertentu sebelum tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur.

Beberapa makanan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamate) atau tiramin, seperti cokelat dan keju, dapat memicu sakit kepala pada beberapa individu.

Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi dan peradangan pada pembuluh darah, yang dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

 

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer