Sukses


Apa Itu Class Meeting? Ketahui Tujuan dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Selesai Penilaian Akhir Semester (PAS), menjelang penerimaan rapor, pihak sekolah biasanya akan mengadakan class meeting.

Kegiatan class meeting dilaksanakan secara rutin dan ditunggu-tunggu oleh para siswa karena menjadi ajang pelepas penat setelah ujian.

Selain itu, kegiatan ini kerap menjadi momentum untuk meningkatkan kekompakan dan sebagai wadah penyalur bakat dari peserta didik.

Class meeting diisi dengan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti ekstrakurikuler serta ajang lomba yang seru.

Biasanya yang mengelola class meeting adalah guru dan pengurus sekolah. Untuk tingkat SMP dan SMA, akan diurus oleh mereka yang berada di OSIS.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu class meeting. Berikut rangkuman tentang class meeting yang menambah ilmu atau wawasan, Selasa (4/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tujuan Class Meeting

Tujuan class meeting dapat bervariasi tergantung pada konteks dan kebijakan sekolah atau institusi pendidikan tertentu. Beberapa tujuan umum class meeting seperti berikut:

  • Meningkatkan Keterlibatan Siswa

Class meeting dapat dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Ini memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba, pertandingan, atau kegiatan lain yang mungkin tidak tercakup dalam kurikulum akademis.

  • Membangun Semangat Kekeluargaan

Satu di antara tujuan class meeting adalah membangun semangat kekeluargaan di antara siswa. Kegiatan ini dapat menciptakan atmosfer positif di sekolah dan mempererat hubungan antarsiswa serta siswa dengan guru.

  • Mengembangkan Keterampilan dan Bakat

Class meeting sering menawarkan berbagai macam lomba dan pertandingan di berbagai bidang, termasuk olahraga, seni, dan akademik.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan bakat mereka di luar lingkup pembelajaran klasikal.

3 dari 5 halaman

Tujuan Class Meeting

  • Mendorong Kerja Sama Tim

Melalui partisipasi dalam lomba kelompok atau kegiatan tim, class meeting dapat menjadi ajang untuk mendorong kerja sama tim.

Siswa belajar bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dan menghargai peran masing-masing individu.

  • Memberikan Wadah Ekspresi Kreativitas

Class meeting sering menampilkan berbagai kegiatan kreatif, seperti seni pertunjukan atau pameran karya seni.

Tujuannya adalah memberikan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka di luar lingkup akademis.

  • Mempererat Hubungan antara Guru dan Siswa

Melalui partisipasi dan dukungan dalam class meeting, hubungan antara guru dan siswa dapat dipererat. Ini menciptakan lingkungan di mana siswa merasa didukung dan dihargai oleh staf pendidikan.

  • Memberikan Hiburan dan Relaksasi

Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, class meeting juga bertujuan untuk memberikan hiburan dan relaksasi kepada siswa. Ini terutama penting setelah melewati masa ujian atau kegiatan akademis yang intensif.

4 dari 5 halaman

Manfaat Class Meeting

  • Mengisi Waktu Kosong

Waktu kosong yang dimiliki para siswa setelah mengikuti ujian diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti class meeting.

Waktu selama di sekolah tidak akan terbuang sia-sia dan bisa mengikuti kegiatan seru dan menyenangkan selama class meeting.

  • Mencari Bakat Tersembunyi

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama class meeting, akan muncul bakat-bakat tersembunyi dari para siswa.

Dari bakat tersembunyi yang dimiliki siswa bisa dikembangkan dan mampu menghasilkan prestasi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Class Meeting

  • Melatih Jiwa Kompetisi yang Sehat

Perlombaan atau pertandingan yang sehat dan sportif bisa menumbuhkan rasa persaingan yang baik antarsiswa.

Dengan mengasah rasa persaingan ini, siswa diharapkan bisa saling mendorong untuk bisa tumbuh dan menjadi individu yang lebih baik.

  • Meringankan Pikiran

Manfaat paling utama dari kegiatan class meeting adalah untuk mengurangi stres yang menumpuk setelah mengikuti ujian. Siswa dapat bersenang-senang sambil berkompetisi untuk mendapatkan hadiah menarik dari sekolah.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer