Sukses


7 Penyebab Penglihatan Kabur yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Penglihatan kabur dapat menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Penyebab berbagai gangguan penglihatan kabur dapat beragam, dari yang sederhana hingga serius.

Beberapa faktor penyebab penglihatan kabur antara lain adalah masalah di permukaan mata, gangguan pada lensa mata, hingga masalah pada retina atau saraf optik.

Permasalahan di permukaan mata seperti mata kering dapat menyebabkan penglihatan kabur. Ketika permukaan mata tidak tercukupi kelembapannya, akan terjadi gesekan antara kelopak mata dengan bola mata yang dapat menghambat penglihatan jernih. 

Selain itu, penyebab penglihatan kabur bisa berasal dari gangguan pada retina atau saraf optik. Misalnya, degenerasi makula atau glaukoma, yang merupakan penyakit mata serius yang mengakibatkan kerusakan permanen pada saraf optik dan mengganggu penglihatan pusat.

Kelebihan tekanan dalam mata dapat menyebabkan saraf optik terhimpit sehingga penglihatan menjadi kabur.

Penting bagi kita untuk memahami faktor-faktor penyebab penglihatan kabur agar dapat mengambil langkah pencegahan yang tepat. 

Berikut tujuh penyebab penglihatan yang perlu dipahami, Jumat (7/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Penglihatan Kabur

1. Miopia

Miopia atau rabun jauh adalah kelainan pada mata di mana seseorang memiliki kesulitan melihat objek yang jauh.

Miopia terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata fokus di depan retina daripada pada retina itu sendiri.

Hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur saat melihat objek yang jauh. Faktor genetik dan lingkungan dapat menjadi penyebab miopia.

2. Presbiopia

Presbiopia adalah kondisi mata yang berkaitan dengan proses penuaan. Ketika seseorang mengalami presbiopia, lensa mata yang elastis menjadi kaku dan ketinggalan dalam menyesuaikan fokus dari dekat ke jauh dan sebaliknya.

Ini dapat mengakibatkan penglihatan kabur dan kesulitan melihat objek dekat.

3. Katarak

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari penuaan, peradangan mata, cedera mata, atau riwayat penggunaan obat-obatan tertentu.

Katarak dapat menyebabkan penglihatan kabur, sulit melihat dalam kondisi cahaya terang, dan ada sensasi melihat seperti terlihat melalui kabut.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penglihatan Kabur

4. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik. Satu di antara gejala glaukoma adalah penglihatan kabur atau berkurang.

Kerusakan saraf optik umumnya disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata yang merusak serat saraf optik.

5. Diabetes

Penderita diabetes rentan terhadap berbagai gangguan mata, termasuk penglihatan kabur. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah yang menyuplai oksigen ke retina, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

4 dari 4 halaman

Penyebab Penglihatan Kabur

6. Infeksi mata

Infeksi di mata seperti konjungtivitis atau mata merah dapat menyebabkan penglihatan kabur. Infeksi bisa terjadi karena bakteri, virus, atau alergi yang menyebabkan peradangan pada mata.

7. Umur

Penglihatan kabur juga bisa terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Proses penuaan menurunkan kemampuan mata untuk melakukan fokus yang sempurna sehingga melihat objek bisa menjadi kabur.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer