Sukses


9 Dalil tentang Kurban yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Bagi umat muslim, ibadah kurban bukan hanya tentang menyembelih hewan, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa syukur atas nikmat Allah Swt.

Ibadah kurban juga dimaknai bentuk meneladani kisah Nabi Ibrahim a.s. dan putranya, Ismail a.s. yang rela mengorbankan diri demi ketaatan kepada Allah Swt.

Ibadah kurban dilaksanakan setiap tahun pada Hari Raya Iduladha dan empat hari tasyrik sesudahnya.

Ibadah kurban hukumnya sunah muakad atau tidak mengikat, tetapi sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Ibadah kurban dilakukan dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba, atau sapi yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Adapun perintah berkurban tercantum dalam dalil, yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad saw.

Berikut sembilan dalil tentang kurban yang bisa diteladani umat muslim, Kamis (6/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Kurban

Dalil tentang Kurban (1)

"Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, 'Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Iduladha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya'." (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi)

Dalil tentang Kurban (2)

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ

"Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka, makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir." (QS. Al Hajj: 28)

Dalil tentang Kurban (3)

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

"Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al Kautsar: 2)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Kurban

Dalil tentang Kurban (4)

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصَّابِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Mahaesa karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah di hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan salat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka." (QS. Al Hajj: 34-35)

Dalil tentang Kurban (5)

"Pernah terjadi pada zaman Rasulullah saw. (jumlah) unta sedikit maka beliau menyuruh para sahabat berkurban dengan lembu. (HR. Ibnu Majah)

Dalil tentang Kurban (6)

"Barang siapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat salat kami." (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Kurban

Dalil tentang Kurban (7)

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka, pikirkanlah bagaimana pendapatmu! Dia (Ismail) menjawab, wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (QS. As Saffat: 102)

Dalil tentang Kurban (8)

"Aku diperintahkan untuk berkurban, dan berkurban bagi kalian adalah sunah." (HR. Tirmidzi)

Dalil tentang Kurban (9)

"Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang." (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer