Sukses


20 Contoh Alasan Izin Kerja Setengah Hari Agar Tidak Dimarahi Atasan

Bola.com, Jakarta - Di dunia kerja modern, seorang karyawan bisa saja meminta izin kerja setengah hari.

Alasan di balik seorang karyawan mengajukan izin kerja setengah hari cukup beragam, baik urusan pribadi atau keperluan lainnya.

Mengajukan izin kerja setengah hari harus dilakukan dengan cara yang profesional dan bertanggung jawab.

Selain itu, untuk mendapatkan izin kerja setengah hari, alasan yang digunakan harus masuk akal, tidak terkesan dibuat-buat, dan sesuai kebijakan perusahaan. Diskusikan dengan atasan Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan.

Apakah Anda masih sering bingung membuat alasan izin kerja setengah hari karena takut tidak di-approve?

Berikut 20 contoh alasan izin kerja setengah hari agar tidak dimarahi atasan, Jumat (7/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Alasan Izin Kerja Setengah Hari

1. Sakit Ringan

Jika Anda merasa kurang sehat, tetapi tidak cukup parah untuk mengambil cuti sakit full day, Anda bisa mengajukan izin setengah hari untuk beristirahat dan memulihkan diri.

2. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin atau konsultasi dokter gigi bisa menjadi alasan yang valid untuk izin setengah hari.

3. Mengantar Anggota Keluarga ke Dokter

Jika anggota keluarga Anda sakit dan membutuhkan bantuan untuk ke dokter, Anda bisa mengambil izin setengah hari untuk mengantar mereka.

4. Mengurus Dokumen Penting

Mengurus dokumen penting seperti KTP, SIM, atau BPJS Kesehatan bisa memakan waktu lama. Izin setengah hari dapat membantu Anda menyelesaikannya dengan lebih cepat.

5. Acara Keluarga

Adakalanya Anda perlu menghadiri acara keluarga penting seperti pernikahan, kelahiran anak, atau pemakaman. Izin setengah hari dapat membantu Anda hadir tanpa mengganggu pekerjaan sepenuhnya.

3 dari 5 halaman

Contoh Alasan Izin Kerja Setengah Hari

6. Menerima Tamu/Pengiriman

Jika Anda menerima tamu penting atau menunggu pengiriman barang yang membutuhkan kehadiran Anda, izin setengah hari bisa menjadi solusi.

7. Urusan Perbankan

Mengurus transaksi perbankan yang kompleks, seperti membuka rekening baru atau mengajukan pinjaman, bisa memerlukan waktu yang cukup lama.

8. Rapat Eksternal

Jika Anda diundang untuk menghadiri rapat penting dengan klien atau mitra kerja di luar jam kantor, Anda bisa mengajukan izin setengah hari.

9. Melakukan Training/Seminar

Mengikuti training atau seminar yang bermanfaat untuk pengembangan diri dan pekerjaan Anda bisa menjadi alasan yang valid untuk izin setengah hari.

10. Menyelesaikan Pekerjaan Mendesak

Jika ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan tidak dapat Anda tunda hingga sore hari, Anda bisa mengajukan izin setengah hari untuk menyelesaikannya.

4 dari 5 halaman

Contoh Alasan Izin Kerja Setengah Hari

11. Mengikuti Job Interview

Jika Anda sedang mencari pekerjaan baru dan mendapatkan panggilan interview, Anda bisa mengambil izin setengah hari untuk menghadiri interview tersebut.

12. Hadir di Acara Sekolah Anak

Mengantar atau menjemput anak di sekolah, menghadiri acara sekolah, atau menjadi relawan di sekolah anak bisa menjadi alasan yang valid untuk izin setengah hari.

13. Mencari Tempat Tinggal/Pindah Rumah

Mencari tempat tinggal baru atau mengurus proses pindah rumah bisa memakan waktu dan membutuhkan kehadiran Anda.

14. Mengurus Service Kendaraan

Jika kendaraan Anda perlu diservis dan tidak ada bengkel yang buka di luar jam kerja, Anda bisa mengambil izin setengah hari.

15. Mengikuti Kegiatan Keagamaan

Bagi umat beragama tertentu, ada waktu-waktu tertentu di siang hari yang perlu mereka dedikasikan untuk beribadah.

5 dari 5 halaman

Contoh Alasan Izin Kerja Setengah Hari

16. Menghadiri Acara Sosial

Menghadiri acara sosial yang penting bagi Anda, seperti pernikahan teman atau reuni, bisa menjadi alasan untuk izin setengah hari.

17. Membuat Janji dengan Pengacara/Notaris

Mengurus masalah hukum atau dokumen penting lainnya bisa memerlukan waktu yang lama.

18. Mengikuti Kursus/Kelas Singkat

Jika Anda mengikuti kursus atau kelas singkat di siang hari, Anda bisa mengambil izin setengah hari untuk menghadiri kelas tersebut.

19. Mengurus Keperluan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan dan perlu membawanya ke dokter hewan atau mengurus kebutuhan lainnya, izin setengah hari bisa menjadi solusi.

20. Alasan Lain yang Mendesak dan Tidak Terduga

Ada kalanya Anda mengalami situasi yang mendesak dan tidak terduga yang mengharuskan Anda untuk meninggalkan kantor lebih awal. Jelaskan alasannya dengan jelas dan buktikan jika memungkinkan.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer