Sukses


Apa Itu Uang Kuliah Tunggal (UKT)? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bola.com, Jakarta - Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sistem pembayaran biaya pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang diberlakukan sejak 2013.

Berbeda dengan sistem sebelumnya, UKT tidak lagi dipatok dengan tarif yang sama untuk semua mahasiswa, melainkan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswa.

Penetapan UKT didasarkan pada beberapa faktor, seperti penghasilan orang tua, jumlah tanggungan keluarga, dan jenis program studi yang dipilih.

UKT diharapkan dapat memberikan akses pendidikan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Mahasiswa dari keluarga kurang mampu mendapatkan keringanan biaya pendidikan sehingga mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan tinggi di PTN.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu UKT. Berikut rangkuman tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang menambah ilmu atau wawasan, Rabu (12/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat UKT

Sistem UKT berfungsi sebagai subsidi silang antarmahasiswa yang didasarkan pada kondisi ekonomi orang tua/wali masing-masing. Pengelompokkan UKT berdasarkan penghasilan dari orang tua/wali mahasiswa.

Hal ini diharapkan bisa memberikan dampak terhadap pemerataan dan keadilan untuk seluruh mahasiswa. Program ini juga mencoba untuk memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan bagi mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu.

3 dari 5 halaman

Jenis UKT

Uang Kuliah Tunggal (UKT) bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Setidaknya, ada beberapa macam UKT yang umum, seperti berikut:

  • UKT Reguler

Jenis UKT ini berlaku untuk mahasiswa yang baru masuk dan mahasiswa yang mengulang. Biaya UKT reguler tergantung program studi dan tingkatannya.

  • UKT Bidikmisi

Bidikmisi adalah program dari pemerintah, yang sasarannya untuk mahasiswa kurang mampu, tetapi berprestasi. Biasanya, mahasiswa bidikmisi mendapat UKT yang lebih ringan dari reguler.

  • UKT Jalur Mandiri

Jalur seleksi mandiri membutuhkan banyak modal. Dibandingkan dengan dua jenis UKT sebelumnya, besaran uang kuliah ini lebih tinggi.

  • UKT Luar Negeri

Lalu, ada UKT luar negeri yang diperuntukkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi di luar negeri.

  • UKT Kelas Karyawan

Kelas karyawan berbeda dari kelas reguler. Oleh sebab itu, besaran UKT-nya pun berbeda.

4 dari 5 halaman

Penentuan Besar Kecil UKT

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020, penentuan besar kecil UKT hanya dilakukan pada mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sedangkan, mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri akan mendapatkan biaya kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.

Berikut adalah langkah-langkah penentuan besar kecil UKT pada umumnya:

  • Mahasiswa yang sudah lolos SNMPTN atau SBMPTN di kampus terpilih mengisi formulir dari universitas yang memberikan informasi seputar gaji orang tua.
  • Selain mengisi gaji orang tua, kamu juga wajib memberi informasi seputar luas tanah rumah, jumlah kendaraan, jumlah rumah, hingga pengeluaran bulanan keluarga.
  • Biasanya, kamu juga akan diminta untuk memfoto bagian depan rumah.
  • Setelah mengisi formulir yang disediakan tersebut, pihak universitas akan menetapkan besaran UKT per semester berdasarkan informasi yang tertera di dalam formulir yang kamu isi.
5 dari 5 halaman

Perbedaan UKT dengan BKT

Selain UKT, ada istilah lain berkaitan dengan biaya kuliah, yaitu Biaya Kuliah Tunggal (BKT). BKT merupakan seluruh biaya operasional per tahun yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran mahasiswa dalam sebuah program studi di PTN.

Besaran BKT ditentukan berdasarkan program studi yang diambil tanpa dikurangi dengan subsidi pemerintah. Jadi, UKT merupakan sebagian dari BKT yang dibebankan kepada mahasiswa sesuai dengan kondisi ekonomi masing-masing dan sebagian biaya lainnya ditanggung pemerintah.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer