Sukses


7 Mitos Menanam Serai di Depan Rumah, Bisa Menarik Rezeki

Bola.com, Jakarta - Mempelajari mitos dapat membantu kita memahami kekayaan budaya bangsa dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Di Indonesia, mitos telah ada sejak lama dan diwariskan turun-temurun. Bisa dibilang, mitos memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Mitos biasanya mengandung unsur-unsur magis, gaib, dan supranatural, dan sering kali dikaitkan dengan asal-usul, sejarah, dan nilai-nilai budaya masyarakat.

Penting untuk dicatat bahwa mitos tidak selalu harus dipercaya secara harfiah. Kita perlu memahami bahwa mitos merupakan cerminan dari pemikiran dan kepercayaan masyarakat di masa lampau.

Satu di antara yang mungkin kamu pernah dengar ialah mitos menanam serai di depan rumah.

Berikut tujuh mitos menanam serai di depan rumah perlu diketahui, Rabu (12/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Menanam Serai di Depan Rumah

1. Menarik Rezeki

Mitos ini berawal dari kepercayaan bahwa bentuk daun serai yang menyerupai kipas melambangkan kemakmuran dan keberuntungan.

Dipercaya bahwa menanam serai di depan rumah dapat menarik rezeki bagi penghuninya.

2. Mengusir Roh Jahat

Aroma serai yang kuat dipercaya dapat mengusir roh jahat dan energi negatif. Konon, menanam serai di depan rumah dapat melindungi penghuninya dari gangguan makhluk halus.

3 dari 4 halaman

Mitos Menanam Serai di Depan Rumah

3. Menangkal Guna-Guna

Mitos ini masih berkaitan dengan aroma serai yang menyengat. Dipercaya bahwa serai dapat menangkal guna-guna dan ilmu hitam yang ditujukan kepada penghuni rumah.

4. Membawa Kedamaian

Serai dipercaya memiliki efek menenangkan dan membawa kedamaian bagi penghuni rumah. Konon, menanam serai di depan rumah dapat menciptakan suasana yang tenang dan harmonis.

5. Melancarkan Jodoh

Mitos ini khusus untuk wanita yang belum menikah. Dipercaya bahwa menanam serai di depan rumah dapat membantu melancarkan jodoh dan mendatangkan cinta sejati.

4 dari 4 halaman

Mitos Menanam Serai di Depan Rumah

6. Mengundang Ular

Mitos ini mungkin muncul karena bentuk serai yang memanjang dan berdaun panjang seperti habitat ular.

Namun, tidak ada bukti bahwa menanam serai di depan rumah akan mengundang ular. Ular lebih tertarik pada tempat yang lembab, banyak tikus (sumber makanan), dan minim gangguan manusia.

7. Membawa Sial

Mitos ini biasanya dikaitkan dengan feng shui, praktik penataan ruang yang dipercaya membawa pengaruh baik.

Namun, secara feng shui, tidak ada larangan khusus untuk menanam serai di depan rumah. Justru, tanaman yang sehat dan terawat dipercaya membawa energi positif ke dalam rumah.

 

Dapatkan kumpulan artikel mitos lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer