Sukses


Contoh Cerita Rakyat Jawa Tengah: Timun Mas

Bola.com, Jakarta - Timun Mas telah menjadi bagian dari budaya Jawa Tengah selama berabad-abad dan terus diceritakan kembali dari generasi ke generasi.

Timun Mas, cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah, mengisahkan petualangan seorang gadis pemberani bernama Timun Mas dan perjuangannya melawan raksasa jahat.

Cerita rakyat Timun Mas kaya akan nilai-nilai moral dan sarat akan makna yang dapat dipetik oleh para pembacanya.

Penasaran seperti apa versi lebih lengkapnya cerita rakyat Timun Mas dari Jawa Tengah ini?

Berikut ini contoh cerita rakyat Jawa Tengah: Timun Mas, yang menarik dibaca, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Cerita Rakyat Jawa Tengah: Timun Mas

Timun Mas adalah cerita rakyat dari Jawa Tengah yang mengisahkan seorang janda tua bernama Mbok Srini yang sangat mendambakan seorang anak. Suatu hari, Mbok Srini bertemu dengan seorang raksasa yang memberinya biji timun ajaib. Sang raksasa berjanji bahwa salah satu timun yang tumbuh akan menjadi seorang anak, tetapi dengan syarat Mbok Srini harus menyerahkan anak tersebut saat usianya 17 tahun.

Mbok Srini menanam biji tersebut dan benar saja, salah satu timun tumbuh besar dan ketika dibelah, di dalamnya ada seorang bayi perempuan yang kemudian diberi nama Timun Mas. Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang cantik dan kuat. Namun, ketika usianya 17 tahun, raksasa datang untuk menagih janji.

3 dari 3 halaman

Contoh Cerita Rakyat Jawa Tengah: Timun Mas

Mbok Srini yang tidak rela kehilangan Timun Mas memberi anaknya beberapa benda ajaib untuk melawan raksasa: biji timun, jarum, garam, dan terasi. Saat dikejar oleh raksasa, Timun Mas menggunakan benda-benda tersebut. Biji timun yang dilempar menjadi ladang timun yang rimbun, jarum menjadi hutan bambu yang tajam, garam menjadi lautan, dan terasi menjadi lumpur hisap yang akhirnya menenggelamkan raksasa.

Timun Mas pun kembali ke rumah dengan selamat dan hidup bahagia bersama Mbok Srini. Cerita ini mengandung pesan tentang cinta, keberanian, dan kecerdikan dalam menghadapi bahaya.

 

Dapatkan artikel contoh cerita rakyat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer