Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Gunung yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Gunung memiliki peran penting dan simbolik dalam Islam, baik secara fisik maupun spiritual.

Satu di antara gunung dalam peradaban Islam yang paling dikenal adalah gunung Hira, di mana Nabi Muhammad saw. menerima wahyu pertama dari Allah Swt. melalui malaikat Jibril.

Peristiwa ini menandai awal kenabian Muhammad dan merupakan momen penting dalam sejarah Islam.

Gunung juga sering dijadikan metafora untuk kekuatan dan keteguhan iman. Keteguhan seorang mukmin diumpamakan seperti kukuhnya gunung.

Hal ini mengingatkan umat muslim akan pentingnya memiliki iman yang kuat dan tak tergoyahkan oleh berbagai tantangan kehidupan.

Dalam Al-Qur'an, gunung disebutkan sebagai satu di antara tanda kekuasaan Allah Swt. yang menakjubkan.

Secara keseluruhan, gunung dalam Islam bukan hanya fenomena alam yang indah, tetapi juga sarat dengan makna spiritual, simbol keteguhan iman, tempat peristiwa bersejarah, dan pengingat akan kebesaran-Nya.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang gunung yang bisa dipahami umat muslim, Rabu (12/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (1)

وَّ سُيِّرَتِ الۡجِبَالُ فَكَانَتۡ سَرَابًا

Artinya: "Dan gunung-gunung pun dijalankan sehingga menjadi fatamorgana." (QS. An-Naba': 20)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (2)

وَتَرَى الۡجِبَالَ تَحۡسَبُهَا جَامِدَةً وَّهِىَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ‌ؕ صُنۡعَ اللّٰهِ الَّذِىۡۤ اَتۡقَنَ كُلَّ شَىۡءٍ‌ؕ اِنَّهٗ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَفۡعَلُوۡنَ‏

Artinya: "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan." (QS. An-Naml: 88)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (3)

وَاِذۡ نَـتَقۡنَا الۡجَـبَلَ فَوۡقَهُمۡ كَاَنَّهٗ ظُلَّةٌ وَّظَنُّوۡۤا اَنَّهٗ وَاقِعٌ ۢ بِهِمۡ‌ ۚ خُذُوۡا مَاۤ اٰتَيۡنٰكُمۡ بِقُوَّةٍ وَّاذۡكُرُوۡا مَا فِيۡهِ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami mengangkat gunung ke atas mereka, seakan-akan (gunung) itu naungan awan dan mereka yakin bahwa (gunung) itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami firmankan kepada mereka), Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya agar kamu menjadi orang-orang bertakwa." (QS. Al-A’raf: 171)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (4)

لَوْ اَنْزَلْنَا هٰذَا الْقُرْاٰنَ عَلٰى جَبَلٍ لَّرَاَيْتَهٗ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللّٰهِۗ وَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ ۝٢١

Artinya: "Seandainya Kami turunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah karena takut kepada Allah. Perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir." (QS. Al-Hasyr: 21)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (5)

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا . وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا

Artinya: "Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?" (QS. An-Naba': 6-7)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (6)

وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا

Artinya: "Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?" (QS. Mursalat: 27)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (7)

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ . وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ . وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ .

Artinya: "Maka, apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?" (QS. Al Gasyiyah: 17-19)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (8)

وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk." (QS. An Nahl: 15)

Ayat Al-Qur'an tentang Gunung (9)

فَفَهَّمْنَٰهَا سُلَيْمَٰنَ ۚ وَكُلًّا ءَاتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا ۚ وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُۥدَ ٱلْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَٱلطَّيْرَ ۚ وَكُنَّا فَٰعِلِينَ

Artinya: "Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya." (QS. Al-Anbiya: 79)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer