Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Musibah yang Bisa Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan, manusia tak luput dari berbagai peristiwa yang tak terduga, termasuk musibah.

Musibah, menurut Islam, adalah kejadian yang tidak menyenangkan dan tidak diinginkan oleh manusia.

Musibah bisa berarti azab, teguran atau peringatan, bahkan bisa berarti nikmat yang semuanya hanya Allah Swt. yang tahu. Entah itu berupa penyakit, kecelakaan, kehilangan harta benda, atau berbagai kejadian lainnya.

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk bersabar dan tawakal ketika ditimpa musibah. Kita harus yakin bahwa Allah Swt. memiliki hikmah di balik setiap kejadian.

Dengan memahami hikmah di balik musibah, diharapkan kita dapat menjalaninya dengan sabar dan tawakal sehingga musibah tersebut dapat menjadi pelajaran berharga dan membawa kita kepada kebaikan.

Dalam Al-Qur’an banyak disebut kata musibah termasuk bentuk-bentuk sepadanannya.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang musibah yang bisa direnungkan umat muslim, Kamis (13/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (1)

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ  

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: 'Innâ lillaâahi wa innâ ilaihi râji'ûn' (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)." (QS. Al-Baqarah: 156)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (2)

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ  

Artinya: "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS. Asy-Syura: 30)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (3)

اَوَلَمَّآ اَصَابَتْكُمْ مُّصِيْبَةٌ قَدْ اَصَبْتُمْ مِّثْلَيْهَاۙ قُلْتُمْ اَنّٰى هٰذَا ۗ قُلْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اَنْفُسِكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ  

Artinya: "Dan mengapa kamu (heran) ketika ditimpa musibah (kekalahan pada perang Uhud), padahal kamu telah menimpakan musibah dua kali lipat (kepada musuh-musuhmu pada Perang Badar) kamu berkata, Dari mana datangnya (kekalahan) ini? Katakanlah, 'Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri.' Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Ali Imran: 165)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (4)

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ  

Artinya: "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. At Taghabun: 11)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (5)

اِنْ تُصِبْكَ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْۚ وَاِنْ تُصِبْكَ مُصِيْبَةٌ يَّقُوْلُوْا قَدْ اَخَذْنَآ اَمْرَنَا مِنْ قَبْلُ وَيَتَوَلَّوْا وَّهُمْ فَرِحُوْنَ  

Artinya: "Jika engkau (Muhammad) mendapat kebaikan, mereka tidak senang; namun, jika engkau ditimpa bencana, mereka berkata, Sungguh, sejak semula kami telah berhati-hati (tidak pergi berperang), dan mereka berpaling dengan (perasaan) gembira." (QS. At-Taubah: 50)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (6)

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ  

Artinya: "Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (QS. Al-Hadid: 22)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (7)

فَكَيْفَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌۢ بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ ثُمَّ جَآءُوكَ يَحْلِفُونَ بِٱللَّهِ إِنْ أَرَدْنَآ إِلَّآ إِحْسَٰنًا وَتَوْفِيقًا  

Artinya: "Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, kemudian mereka datang kepadamu sambil bersumpah: Demi Allah, kami sekali-kali tidak menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna.” (QS. An-Nisa: 62)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (8)

وَإِنَّ مِنكُمْ لَمَن لَّيُبَطِّئَنَّ فَإِنْ أَصَٰبَتْكُم مُّصِيبَةٌ قَالَ قَدْ أَنْعَمَ ٱللَّهُ عَلَىَّ إِذْ لَمْ أَكُن مَّعَهُمْ شَهِيدًا  

Artinya: "Dan sesungguhnya di antara kamu ada orang yang sangat berlambat-lambat (ke medan pertempuran). Maka, jika kamu ditimpa musibah ia berkata: Sesungguhnya Tuhan telah menganugerahkan nikmat kepada saya karena saya tidak ikut berperang bersama mereka." (QS. an-Nisa: 72)

Ayat Al-Qur'an tentang Musibah (9)

وَلَوْلَآ اَنْ تُصِيْبَهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۢبِمَا قَدَّمَتْ اَيْدِيْهِمْ فَيَقُوْلُوْا رَبَّنَا لَوْلَآ اَرْسَلْتَ اِلَيْنَا رَسُوْلًا فَنَتَّبِعَ اٰيٰتِكَ وَنَكُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ 

Artinya: "Dan agar mereka tidak mengatakan ketika azab menimpa mereka disebabkan apa yang mereka kerjakan, Ya Tuhan kami, mengapa Engkau tidak mengutus seorang rasul kepada kami agar kami mengikuti ayat-ayat Engkau dan termasuk orang mukmin." (QS. Al-Qashash: 47)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer