Sukses


Mitos Pohon Bidara yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pohon bidara adalah pohon yang besar dengan batang kukuh dan daun yang rindang.

Selain itu, pohon bidara termasuk satu di antara pohon yang sering dianggap memiliki kekuatan mistis dan sifat-sifat tidak lazim. Mitos tentang pohon bidara telah lama ada dan meluas di berbagai budaya di seluruh dunia.

Dalam kepercayaan tradisional masyarakat Indonesia, pohon bidara dianggap sebagai tempat tinggal bagi makhluk mistis, seperti hantu, setan, dan jin. Konon, pohon ini digunakan sebagai sarang oleh makhluk-makhluk tersebut.

Itulah mengapa, pohon bidara sering dianggap sebagai tempat yang angker dan harus dihindari pada malam hari.

Selain disebut sarang makhluk-mahluk halus, pohon bidara juga memiliki sejumlah mitos lainnya. Apa saja mitos dari pohon bidara tersebut?

Berikut mitos pohon bidara yang perlu diketahui, Kamis (13/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Pohon Bidara

1. Penolak Gangguan Makhluk Halus

Dalam beberapa budaya, daun bidara dipercaya dapat mengusir atau menolak gangguan makhluk halus dan jin. Daun ini sering digunakan dalam ritual atau mandi untuk membersihkan diri dari energi negatif.

2. Pohon Surga

Dalam agama Islam, pohon bidara disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai satu di antara pohon yang ada di surga. Hal ini memberikan pohon bidara makna spiritual dan religius yang kuat.

3. Pengobatan Ruqyah

Daun bidara sering digunakan dalam ruqyah, yaitu metode penyembuhan dalam Islam, untuk mengobati orang yang diduga terkena sihir atau gangguan jin.

Caranya, daun bidara ini direndam dalam air dan digunakan untuk mandi atau diminum.

 

3 dari 4 halaman

Mitos Pohon Bidara

4. Simbol Keberanian dan Ketangguhan

Beberapa masyarakat percaya bahwa pohon bidara melambangkan keberanian dan ketangguhan. Hal ini karena pohon bidara dapat tumbuh di kondisi lingkungan yang keras dan tetap bertahan.

5. Penghalang Malapetaka

Di beberapa daerah, pohon bidara ditanam di sekitar rumah atau desa sebagai penghalang terhadap malapetaka dan energi buruk.

6. Kesaktian Daun Bidara

Beberapa kepercayaan menyebutkan bahwa daun bidara memiliki kekuatan magis yang bisa digunakan dalam berbagai ritual dan pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

7. Kesucian dan Keselamatan

Dalam banyak tradisi, daun bidara dianggap suci dan digunakan dalam berbagai upacara adat untuk memohon keselamatan dan berkah bagi keluarga atau komunitas.

4 dari 4 halaman

Mitos Pohon Bidara

8. Pengusir Penyakit

Mitos lain menyebutkan bahwa pohon bidara bisa digunakan untuk mengusir penyakit. Daunnya sering direbus dan diminum atau digunakan sebagai obat luar untuk berbagai kondisi kesehatan.

9. Penjaga Kekuatan Spiritual

Beberapa masyarakat percaya bahwa pohon bidara bisa meningkatkan kekuatan spiritual dan sering digunakan oleh para dukun atau spiritualis dalam praktik mereka.

10. Pertanda Keberuntungan

Di beberapa budaya, pohon bidara dianggap membawa keberuntungan dan kesejahteraan. Menanam atau memiliki pohon bidara di rumah dianggap bisa mendatangkan rezeki dan keberuntungan.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer