Sukses


Usai Olahraga Sering Nyeri Otot? Ini Solusinya!

Bola.com, Jakarta Keluhan seperti nyeri otot memang banyak dialami orang-orang seusai melakukan olahraga. Keluhan tersebut biasanya sering muncul setelah dilakukan aktivitas fisik. Kamu juga pernah mengalaminya? 

Nah yang harus kamu tahu, nyeri otot biasanya muncul dalam waktu sekitar 12-24 jam setelah olahraga. Kemudian rasa nyeri otot tersebut akan hilang dalam waktu beberapa hari. 

Sayangnya, penyebab nyeri otot sering nggak disadari bahkan cenderung diabaikan. Mau tahu bagaimana mengatasi masalah nyeri otot usai berolahraga? Berikut ini ulasannya!

1. Lakukan Pemanasan dengan Tepat

Pemanasan yang baik adalah langkah kunci sebelum memulai latihan fisik apa pun. Ini melibatkan serangkaian aktivitas ringan seperti jogging, peregangan dinamis, atau latihan mobilitas untuk meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot dan persendian. 

Proses ini mempersiapkan tubuh untuk latihan yang lebih intens dengan meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi kekakuan, sehingga mengurangi risiko cedera seperti ketegangan otot atau robekan ligamen.

Selain itu, pemanasan yang baik juga meningkatkan kinerja selama latihan dengan meningkatkan respons otot terhadap latihan, membantu dalam mengoptimalkan kekuatan, kelenturan, dan koordinasi gerakan. 

2. Lakukan Peregangan

Peregangan otot setelah berolahraga dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan mempercepat pemulihan. Peregangan yang disarankan termasuk peregangan statis dan peregangan dinamis.

3. Konsumsi Cairan yang Cukup

Pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Untuk itu, minum air secukupnya untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mencegah kram otot dan hal ini penting dilakukan.

4. Lakukan Pijatan yang Tepat

Pijatan merupakan metode yang efektif untuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pemulihan setelah latihan. Pijatan dapat membantu mengurangi nyeri otot dan meredakan kekakuan, sementara terapi fisik seperti penggunaan kompres panas atau dingin dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan jaringan otot. 

Keduanya bekerja secara sinergis untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mengoptimalkan pemulihan otot, memungkinkan individu untuk kembali berolahraga dengan lebih cepat dan mengurangi risiko cedera.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal untuk mengurangi nyeri otot, saat melakukan pijatan kamu bisa menggunakan NEO rheumacyl Anti Inflammation IBP, merupakan gel anti radang berkhasiat untuk membantu meredakan nyeri dan inflamasi, akibat keseleo, cedera olahraga, dan rematik, serta hadir dalam kemasan tube yang praktis dibawa ke mana aja. 

Kamu bisa menggunakan NEO rheumacyl Anti Inflammation IBP Gel secara mudah dengan mengoleskan pada area yang sakit atau nyeri dengan pijatan lembut, sebanyak 3 atau 4 kali sehari tidak lebih dari 4 kali dalam 24 jam. Setelahnya, kamu tinggal mencuci tangan dan jangan gunakan pada anak-anak, kecuali atas saran dokter

Jadi selalu sedia NEO rheumacyl Anti Inflammation IBP saat berolahraga maupun beraktivitas ya!

 

(*)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer