Sukses


Erick Thohir Jelang MotoGP Indonesia 2024: Yang Dulu Bilang Sirkuit Mandalika Mangkrak dan Tidak Berguna, Ternyata Sudah 240 Event

Bola.com, Jakarta - Menteri BUMN RI, Erick Thohir, bangga bahwa Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menyelenggarakan 240 event dalam setahun.

Erick Thohir baru saja menghadiri "Press Briefin Asia Road Racing Championship (AARC) dan MotoGP Indonesia 2024" di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Jumat (21/6/2024).

Sirkuit Mandalika dibangun pada Oktober 2019 dan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2022 setelah menandatangani kontrak selama sepuluh tahun hingga 2032.

Untuk ketiga kalinya, Sirkuit Mandalika bakal kembali menggelar MotoGP pada 27-29 September 2024. Selain itu, juga AARC pada 26-28 Juli 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

MotoGP Tahun Ketiga

"Ini MotoGP yang ketiga dari kontrak sepuluh tahun dan terus terang, sangat memorable. Kalau kita pikir, 3-4 tahun yang lalu ketika 2020," ujar Erick Thohir.

"Tidak terbayang kami mempunyai sirkuit sebagus ini. Ternyata, Indonesia bisa dan menjadi satu di antara yang terbaik. Yang bikin saya senang juga adalah."

"Sirkuit Mandalika sudah menyelenggarakan 240 event dalam setahun. Jadi yang dulu bilang 'oh sirkuit ini bakal mangkrak. bakal tidak berguna'. Ternyata sekarang sudah 240 event," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Event-Event Lainnya di Sirkuit Mandalika

Selain MotoGP dan AARC, Sirkuit Mandalika juga pernah menjadi tuan rumah untuk World Superbike (WSBK), Supersport World Championship, Porsche Sprint Challenge Indonesia, Porsche Carrera Cup, hingga TCR Touring Car.

Sirkuit Mandalika dikelola oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, satu di antara perusahaan BUMN pimpinan Erick Thohir.

 

4 dari 4 halaman

Menghidupi Perawatan

"Artinya, sudah bisa menjadi usaha yang bisa menghidupi perawatan dari sirkuit ini. Jadi, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran InJourney," ungkap Erick Thohir.

Dalam dua tahun penyelenggaraan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, dua pembalap keluar sebagai juara. Keduanya ialah Miguel Oliveira pada 2022 dan Francesco "Pecco" Bagnaia pada setahun berselang.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer