Sukses


9 Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Daun kratom atau Mitragyna speciosa, adalah tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara, khususnya Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia.

Daun kratom mengandung senyawa alkaloid seperti mitraginin dan 7-hydroxymitragynine, yang memberikan efek stimulan dan analgesik.

Efek stimulan kratom mirip dengan kafein, dapat meningkatkan energi, fokus, dan kewaspadaan. Efek analgesiknya membantu meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman.

Di zaman modern, daun kratom semakin populer di kalangan orang-orang yang mencari alternatif alami untuk mengelola stres, meningkatkan suasana hati, atau mengurangi gejala penarikan diri dari zat terlarang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian tentang daun kratom masih terbatas dan masih banyak yang belum diketahui tentang keamanan dan efek jangka panjangnya.

Maka itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun kratom, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Berikut sembilan manfaat daun kratom bagi kesehatan yang perlu diketahui, Senin (24//6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan

1. Mengatasi Nyeri

Kratom mengandung alkaloid mitragynine dan 7-hydroxymitragynine yang bekerja pada reseptor opioid di otak untuk membantu meredakan nyeri.

Ada tiga varietas daun kratom berbeda, yakni varietas vena putih, vena hijau, dan vena merah. Meski berbeda, semuanya adalah pereda nyeri kronis, nyeri akut, dan nyeri neuropatik.

Senyawa 7-hydroxymitragynine di dalam daun kratom bahkan diketahui 13 kali lebih kuat daripada morfin.

2. Meningkatkan Energi dan Kewaspadaan

Daun kratom memiliki manfaat sebagai stimulan bila dikonsumsi dalam dosis rendah. Stimulan adalah obat yang dimaksudkan untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan.

Menurut Pusat Pemantauan Obat dan Kecanduan Narkoba Eropa (EMCDDA) orang yang mengonsumsi daun kratom memiliki efek lebih waspada, energik dan merasa lebih nyaman saat bersosialisasi di luar ruangan.

Kratom meningkatkan energi dan kewaspadaan dengan cara meningkatkan pelepasan dopamin dan norepinefrin di otak. Hal ini dapat membantu orang yang merasa lelah atau lesu.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Kecemasan

Kratom dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan dengan meningkatkan aktivitas serotonin di otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kratom dapat bermanfaat untuk orang yang mengidap depresi, kecemasan, dan stres.

Penelitian lain menunjukkan, daun kratom berpotensi sebagai antidepresan dan penekan rasa lapar. Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti menentukan bahwa kratom menurunkan kadar kortikosteron pada tikus.

4. Membantu Mengatasi Ketergantungan Opioid

Kratom dapat membantu orang yang berjuang melawan kecanduan opioid dengan mengurangi gejala penarikan dan keinginan untuk obat-obatan.

Kratom bekerja pada reseptor opioid yang sama dengan opioid, tetapi dengan cara yang berbeda, sehingga dapat membantu orang untuk melepaskan diri dari opioid tanpa mengalami gejala penarikan yang parah.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Kratom dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi dengan meninggikan pelepasan asetilkolin di otak. Asetilkolin adalah neurotransmitter yang berperan penting dalam meningkatkan fokus dan mengurangi nyeri, kontraksi otot, serta pengaturan sistem endokrin.

Menurut penelitian, asetilkolin meningkatkan memori dan fokus dengan meningkatkan kemampuan sirkuit kortikal untuk merespons rangsangan sensorik.

Daun kratom juga menginduksi pelepasan serotonin dan dopamin. Keduanya berhubungan dengan peningkatan fokus dan rentang perhatian, sehingga daun kratom dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki kesulitan berkonsentrasi atau yang perlu fokus untuk waktu yang lama.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kratom dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang usus dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita sembelit, diare, atau kondisi pencernaan lainnya.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kratom dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari kerusakan otak. Hal ini mungkin karena efek antioksidan dan antiinflamasi kratom.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kratom bagi Kesehatan

8. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kratom dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Daun kratom mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, seperti Mitragynine.

Senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan. Hal ini dapat membantu orang untuk melawan infeksi dan penyakit.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kratom dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi peradangan dan mempromosikan regenerasi sel. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita jerawat, eksim, atau kondisi kulit lainnya.

 

Dapatkan artikel manfaat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer