Sukses


Mitos Pohon Nangka, Mistis dan Bikin Merinding

Bola.com, Jakarta - Pohon nangka, atau dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Artocarpus heterophyllus, merupakan satu di antara pohon buah tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Nangka memiliki ciri khas daun yang besar dan berbentuk jari-jari, serta buah berbentuk bulat panjang yang ditutupi oleh kulit hijau dengan duri-duri.

Berkat kelebihan-kelebihannya, nangka telah menjadi satu di antara buah favorit di banyak negara. Selain rasanya yang manis, daging buah nangka juga sangat lembut dan beraroma khas.

Nangka kaya akan serat dan berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan kalium. Selain itu, nangka juga dikenal sebagai sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat dan gula alami.

Tidak hanya buahnya, nangka juga bermanfaat dari akar hingga ke kulit batangnya. Akar nangka dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit pernapasan, diare, dan rematik.

Sementara itu, kulit kayu nangka juga dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri tekstil dan pewarna alami.

Selain manfaat yang banyak, pohon nangka juga memiliki nilai mistis atau mitos yang kuat.

Berikut mitos pohon nangka yang perlu diketahui, Selasa (25/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos Pohon Nangka

Pohon Nangka dan Makhluk Gaib

Banyak yang percaya bahwa pohon nangka sering menjadi tempat tinggal makhluk gaib atau roh. Oleh karena itu, beberapa orang menghindari untuk berada di dekat pohon nangka pada malam hari.

Buah Nangka yang Membawa Sial

Di beberapa daerah, ada mitos bahwa membawa atau memberikan buah nangka kepada seseorang bisa membawa kesialan atau nasib buruk. Ini kemungkinan besar adalah kepercayaan lokal yang tidak berdasar pada fakta ilmiah.

Pertanda Alam

Ada juga yang mempercayai bahwa jika pohon nangka berbuah lebat, ini adalah pertanda baik bahwa tahun tersebut akan membawa keberuntungan dan hasil panen yang melimpah.

 

3 dari 3 halaman

Mitos Pohon Nangka

Pohon Nangka dan Kesuburan

Beberapa mitos mengatakan bahwa menanam pohon nangka di sekitar rumah dapat meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman di sekitarnya.

Nangka memang bisa memberikan manfaat seperti penyuburan tanah melalui daun-daun yang gugur dan membusuk, hal ini tidak secara langsung terkait dengan kesuburan tanah di sekitarnya secara ajaib.

Pengobatan Tradisional

Ada banyak kepercayaan bahwa bagian-bagian dari pohon nangka, seperti getah atau daun, memiliki kekuatan penyembuhan untuk berbagai penyakit.

Meskipun beberapa bagian dari pohon nangka memang digunakan dalam pengobatan tradisional, efektivitasnya sering kali belum didukung oleh penelitian ilmiah.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer