Sukses


8 Mitos Pohon Gayam, Miliki Nilai Filosofis dan Spiritual Tinggi

Bola.com, Jakarta - Pohon gayam (Inocarpus fagiferus) bukanlah sekadar pohon biasa. Di balik itu, terukir mitos yang mengakar kuat dalam budaya masyarakat Jawa.

Mitos pohon gayam ini tak hanya menambah pesona mistis, tetapi juga membuka jendela untuk memahami tradisi dan kepercayaan masyarakat.

Keberadaan pohon gayam dikaitkan erat dengan keberadaan makhluk halus. Mitos ini diyakini sebagai alasan di balik larangan bermain di bawah pohon gayam, terutama pada malam hari.

Namun, tak hanya mitos seram yang menyelimuti pohon gayam. Di sisi lain, pohon ini juga memiliki nilai filosofis dan spiritual yang tinggi.

Lebih dari itu, pohon gayam juga memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian alam. Akarnya yang kuat membantu mencegah erosi tanah, dan daunnya yang lebat menghasilkan udara yang sejuk dan bersih.

Menjelajahi mitos dan keunikan pohon gayam membuka tabir tentang kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Jawa.

Pohon ini bukan sekadar tanaman biasa, tetapi juga cerminan kepercayaan, filosofi, dan hubungan erat manusia dengan alam.

Berikut delapan mitos pohon gayam yang miliki nilai filosofis dan spiritual tinggi, Kamis (27/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Pohon Gayam

1. Tempat Tinggal Makhluk Halus

Di beberapa daerah, pohon gayam dianggap sebagai tempat tinggal makhluk halus atau roh. Karena itu, banyak orang yang takut untuk mendekati pohon ini pada malam hari.

2. Penolak Bala

Pohon gayam dipercaya dapat menangkal bala atau bahaya. Oleh karena itu, beberapa orang menanam pohon ini di dekat rumah mereka untuk melindungi keluarga dari mara bahaya.

3. Membawa Keberuntungan

Ada kepercayaan bahwa menanam pohon gayam di halaman rumah dapat membawa keberuntungan dan rezeki bagi penghuni rumah.

3 dari 4 halaman

Mitos Pohon Gayam

4. Simbol Kekuatan dan Ketahanan

Pohon gayam sering dianggap sebagai simbol kekuatan dan ketahanan karena kayunya yang keras dan tahan lama. Ini sering dihubungkan dengan keberanian dan ketabahan.

5. Penghubung Dunia Gaib dan Dunia Nyata

Beberapa mitos mengatakan bahwa pohon gayam berfungsi sebagai jembatan antara dunia gaib dan dunia nyata, sehingga sering dijadikan tempat upacara atau ritual tertentu.

4 dari 4 halaman

Mitos Pohon Gayam

6. Pelindung dari Penyakit

Ada kepercayaan bahwa pohon gayam memiliki kemampuan untuk melindungi dari penyakit. Daun atau bagian lain dari pohon ini kadang digunakan dalam ramuan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

7. Pohon Keramat

Pohon gayam sering dianggap keramat di beberapa budaya. Ini berarti bahwa pohon ini tidak boleh ditebang sembarangan, dan ada ritual khusus yang harus dilakukan jika pohon ini harus ditebang.

8. Pohon Penjelmaan Seseorang

Ada mitos yang menyebutkan bahwa pohon gayam merupakan penjelmaan dari seseorang yang dikutuk. Mitos ini biasanya dikaitkan dengan kisah tragis atau legenda di suatu daerah.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer