Sukses


Apa Itu Teks Eksposisi? Pahami Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Teks eksposisi merupakan satu di antara bentuk tulisan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara jelas, ringkas, dan akurat kepada pembaca.

Teks eksposisi tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga dapat membangun kerangka berpikir yang logis dan kritis kepada pembacanya.

Dengan membaca teks eksposisi, pembaca dilatih untuk menganalisis informasi secara objektif, membedakan fakta dengan opini, dan menarik kesimpulan yang logis.

Dalam konteks pendidikan dan penulisan profesional, teks eksposisi sering digunakan untuk menguraikan ide, konsep, atau informasi dengan tujuan memberikan pemahaman yang mendalam.

Menulis teks eksposisi yang baik membutuhkan perencanaan dan pemikiran yang matang. Ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menghasilkan teks eksposisi yang efektif, seperti melakukan riset yang mendalam, menyusun kerangka tulisan, dan menggunakan data serta fakta yang valid.

Jadi, dalam teks eksposisi, kita akan menemukan berbagai jenis informasi, mulai dari pengetahuan umum hingga topik-topik ilmiah yang mendalam.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu teks eksposisi. Berikut rangkuman tentang teks eksposisi yang bisa menambah ilmu atau wawasan, Kamis (27/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi menyampaikan informasi atau pengetahuan secara singkat, jelas, padat, dan lugas berbahasa sesuai ejaan (baku).
  • Informasi atau pengetahuan yang disampaikan berdasarkan kondisi sebenarnya (bersifat faktual).
  • Isi informasi atau pengetahuan mengandung unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan di mana.
  • Teks eksposisi bersifat objektif (sesuai kebenaran) dan tidak memihak (netral).
3 dari 5 halaman

Tujuan Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi memiliki tujuan yang menjadi latar belakang teks tersebut dibuat. Berikut tujuan dari teks eksposisi.
  • Memberitahukan dengan jelas kepada pembaca atau penyimak sehingga tidak terjadi perbedaan penerimaan atau setidaknya meminimalisasi perbedaan penerimaan informasi yang ada.
  • Membuat pembaca tertarik untuk terus membaca karangan tersebut.
  • Memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu dengan harapan menambah pengetahuan yang pembaca miliki.
4 dari 5 halaman

Struktur Teks Eksposisi

Ketika menyusun sebuah teks eksposisi, hal pertama yang harus ditulis adalah pendapat atau tesis. Pada bagian ini berisi paragraf pembuka yang dijelaskan oleh penulis.

Kemudian disusul dengan argumentasi dan penegasan ulang. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang struktur teks eksposisi.

- Pembukaan

Bagian pembukaan berisi kalimat mengenai pandangan awal suatu topik. Bagian in bersifat opsional, jadi bisa dituliskan maksudnya atau tidak.

- Pendapat (Tesis)

Pada bagian ini, penulis membahas tentang topik permasalahan. Isinya berupa ide, opini, gagasan, anggapan, dan argumentasi tentang peristiwa yang dijelaskan oleh penulis.

- Argumen

Penulis mencantumkan bukti yang dapat mendukung dan memperkuat tesisnya. Ketika menulis argumen, teks tidak hanya terdiri dari satu posisi saja. Karena pada bagian ini, penulis membutuhkan data hasil temuan, fakta-fakta, dan pernyataan yang dapat menunjang pendapatnya. Adapun ciri-ciri kalimat argumentasi sebagai berikut.

  • Mengandung ide pokok, gagasan, point of view, dan pendapat dari ahli.
  • Berisi data resmi yang sesuai dengan fakta di lapangan, objektif, dan merupakan hasil riset dari para ahli.
  • Terdapat perumusan masalah yang logis dan kritis.
  • Ada kesimpulan dan solusi dari permasalahan.

- Penegasan Ulang Pendapat

Penegasan ulang pendapat bisa juga disebut sebagai paragraf penutup. Pada bagian ini, penulis menekankan paragraf argumen sebelumnya , kemudian juga menambah rekomendasi serta saran untuk mengakhiri teks.

5 dari 5 halaman

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

  • Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah bentuk teks yang memberitahukan dan menggambarkan pengertian mengenai obyek yang dibahas dalam sebuah teks.

  • Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah bentuk teks yang menggambarkan ataupun menerangkan proses dari sebuah kejadian atau proses sebuah obyek terbentuk.

  • Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah bentuk teks yang mengandung ilustrasi mengenai obyek atau fenomena yang akan dibahas.

  • Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah bentuk teks yang mengandung informasi mengenai kegiatan atau peristiwa yang terjadi.

  • Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah bentuk teks yang memuat perbandingan di antara hal baik yang sama atau berbeda.

  • Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah bentuk teks yang mengandung perlawanan terhadap beberapa keadaan atau kejadian yang berbeda.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer