Sukses


9 Mitos Bunga Kamboja yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bunga kamboja, dengan kelopak putihnya yang menawan dan aroma harum yang khas, tidak hanya indah dipandang, tetapi juga lekat dengan berbagai mitos di berbagai budaya, termasuk Indonesia.

Mitos-mitos ini, meski tidak memiliki dasar ilmiah, telah menjadi bagian dari cerita rakyat dan tradisi selama berabad-abad.

Mitos bunga kamboja yang paling terkenal adalah kaitannya dengan kematian dan kesialan. Hal ini dikarenakan bunga kamboja sering ditanam di pemakaman dan diasosiasikan dengan ritual kematian.

Di sisi lain, ada pula mitos yang menyebutkan bahwa bunga kamboja dapat membawa keberuntungan dan menangkal energi negatif.

Dalam beberapa budaya, bunga kamboja bahkan dipercaya dapat menjadi media komunikasi dengan roh leluhur dan pengusir makhluk halus.

Kendati tidak selalu dapat dibuktikan secara ilmiah, mitos-mitos bunga kamboja tetaplah menarik untuk disimak dan dipelajari.

Berikut sembilan mitos bunga kamboja yang menarik diketahui, Jumat (28/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Bunga Kamboja

1. Penanda Kematian dan Kesialan

Mitos yang paling terkenal adalah kaitan bunga kamboja dengan kematian dan kesialan. Hal ini dikarenakan bunga kamboja sering ditanam di pemakaman dan sering diasosiasikan dengan ritual kematian.

Konon, menanam bunga kamboja di depan rumah dapat membawa kesialan dan mengundang roh jahat.

2. Pembawa Keberuntungan

Di sisi lain, ada pula mitos yang menyebutkan bahwa bunga kamboja dapat membawa keberuntungan. Konon, bunga kamboja dengan mahkota berjumlah lima melambangkan rezeki dan kekayaan.

Selain itu, bunga kamboja dipercaya dapat menangkal energi negatif dan membawa kedamaian.

3. Simbol Kesetiaan dan Cinta Abadi

Mitos ini terinspirasi dari legenda Kantil dan Cempaka. Konon, Kantil dan Cempaka adalah dua orang kekasih yang dipisahkan oleh maut.

Kantil yang setia menunggu kekasihnya menjelma menjadi bunga kamboja, sedangkan Cempaka menjelma menjadi pohon cempaka. Bunga kamboja pun dilambangkan sebagai simbol kesetiaan dan cinta abadi.

3 dari 4 halaman

Mitos Bunga Kamboja

4. Media Komunikasi dengan Roh

Mitos ini dipercaya oleh beberapa orang yang meyakini bahwa bunga kamboja dapat menjadi media komunikasi dengan roh leluhur.

Konon, dengan menaruh bunga kamboja di pusara, mereka dapat menyampaikan pesan kepada roh leluhur dan mendapatkan petunjuk atau jawaban atas pertanyaan mereka.

5. Pengusir Makhluk Halus

Aroma harum bunga kamboja dipercaya dapat mengusir makhluk halus. Konon, menanam bunga kamboja di sekitar rumah dapat membuat makhluk halus enggan mendekat dan memberikan ketenangan bagi penghuninya.

6. Penawar Racun dan Penyakit

Bunga kamboja memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan hal ini melahirkan mitos bahwa bunga kamboja dapat menawar racun dan penyakit.

Konon, air rendaman bunga kamboja dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, demam, dan sakit perut.

4 dari 4 halaman

Mitos Bunga Kamboja

7. Simbol Kesucian dan Kemurnian

Di beberapa budaya, bunga kamboja putih dikaitkan dengan kesucian dan kemurnian. Konon, bunga kamboja putih sering digunakan dalam ritual keagamaan dan melambangkan kesucian jiwa.

8. Menentukan Jenis Kelamin Janin

Mitos ini dipercaya oleh beberapa orang di pedesaan. Konon, dengan memetik bunga kamboja dan melihat mahkotanya, jenis kelamin janin dapat diprediksi.

Jika mahkotanya genap maka janinnya perempuan. Jika mahkotanya ganjil, janinnya laki-laki.

9. Rumah Makhluk Halus atau Roh

Di beberapa daerah di Asia Tenggara, bunga kamboja dipercaya sebagai tempat tinggal roh. Pohon kamboja sering dianggap sebagai rumah bagi makhluk halus atau roh.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer