Sukses


6 Hadis Memelihara Jenggot yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Di antara sunah-sunah Rasulullah saw., memelihara jenggot menjadi satu di antara ciri khas yang membedakan beliau dan umatnya dengan kaum musyrik.

Bagi kaum muslim, memelihara jenggot bukan hanya anjuran, tetapi juga bentuk ketaatan dan penghormatan terhadap sunah Rasulullah saw. dan menunjukkan identitas sebagai seorang muslim.

Anjuran memelihara jenggot bukan tanpa makna, di baliknya terkandung dasar syariat Islam yang kuat. Dalam beberapa hadis, beliau menganjurkan umatnya untuk memanjangkan jenggot dan memotong kumis.

Memahami makna dan hikmah di balik anjuran ini akan menumbuhkan rasa cinta dan ketaatan pada diri kita sebagai hamba-Nya.

Namun, perlu diingat, memelihara jenggot bukan berarti asal memanjangkan tanpa aturan. Ada tata cara dan adab yang perlu diperhatikan agar jenggot menjadi simbol positif dan mencerminkan citra Islam yang baik.

Berikut enam hadis memelihara jenggot yang bisa diteladani umat muslim, Kamis (27/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Hadis Memelihara Jenggot

Hadis Memelihara Jenggot (1)

“Berbedalah kamu (jangan menyamai) dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot, dan cukurlah kumis.” (HR. al-Bukhari, Muslim)

Hadis Memelihara Jenggot (2)

Cukurlah kumis, peliharalah jenggot, berbedalah (jangan menyamai) orang-orang Majusi.” (HR. Muslim)

Hadis Memelihara Jenggot (3)

“Sepuluh hal yang termasuk fitrah: mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, istinsyaq (memasukkan air ke hidung), memotong kuku, mencuci sela-sela jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan dan menghemat air.” (HR. Muslim)

3 dari 3 halaman

Hadis Memelihara Jenggot

Hadis Memelihara Jenggot (4)

“Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dari (golongan) mereka.” (HR. Abu Dawud)

Hadis Memelihara Jenggot (5)

“Telah mengkabarkan pada kami Umar bin Harun dari Usamah bin Zaid dari Amru bin Syuaib dari ayahnya dari kakeknya, bahwasannya Nabi saw. memangkas sebagian jenggotnya hingga panjangnya sama.” (HR. at-Tirmidzi)

Hadis Memelihara Jenggot (6)

“Selisilah orang-orang musyrik. Potong pendeklah kumis dan biarkanlah jenggot.” (HR. Muslim 625)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer