Sukses


8 Ayat Al-Qur'an tentang Bintang yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Dalam Al-Qur'an, bintang-bintang memiliki makna yang mendalam dan beragam. Mereka sering disebut sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah Swt. yang menunjukkan kebesaran dan keindahan ciptaan-Nya.

Dalam beberapa ayat Al-Qur'an, bintang-bintang digunakan sebagai panduan bagi manusia, baik secara harfiah maupun simbolis.

Misalnya, dalam navigasi di malam hari, bintang-bintang menjadi penunjuk arah bagi para pelaut dan pengembara.

Selain itu, bintang-bintang juga berfungsi sebagai hiasan langit dan alat untuk mengusir setan. Dengan demikian, bintang-bintang dalam Al-Qur'an tidak hanya memperkaya keindahan langit, tetapi juga mengingatkan manusia akan kebesaran Sang Pencipta dan pentingnya mencari petunjuk dalam perjalanan hidup.

Penjelasan tentang bintang dalam Al-Qur'an menggambarkan harmoni antara alam semesta dan peran pentingnya dalam kehidupan manusia.

Di samping itu, mempelajari ayat-ayat Al-Qur'an tentang bintang dapat membuka wawasan kita tentang keagungan ciptaan Allah Swt. memperkuat keimanan, dan membangkitkan rasa syukur atas karunia-Nya yang tak terhitung.

Berikut delapan ayat Al-Qur'an tentang bintang yang bisa dicermati umat muslim, Jumat (28/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (1)

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ النُّجُومَ لِتَهْتَدُوا بِهَا فِي ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Artinya: "Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui." (QS. Al-An'am: 97)

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (2)

النَّجْمُ الثَّاقِبُ

Artinya: "(yaitu) bintang yang cahayanya menembus," (QS. At-Tariq: 3)

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (3)

وَعَلَامَاتٍ ۚ وَبِالنَّجْمِ هُمْ يَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk." (QS. An-Nahl: 16)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (4)

فَلَا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ

Artinya: "Sungguh, Aku bersumpah dengan bintang-bintang," (QS. At-Takwir: 15)

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (5)

وَسَخَّرَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ وَالنُّجُومُ مُسَخَّرَاتٌ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: "Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya)," (QS. An-Nahl: 12)

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (6)

وَاَنَّهٗ هُوَ رَبُّ الشِّعۡرٰىۙ

Artinya: "Dan sesungguhnya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi‘ra," (QS. An-Najm: 49)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (7)

وَلَـقَدۡ جَعَلۡنَا فِى السَّمَآءِ بُرُوۡجًا وَّزَيَّـنّٰهَا لِلنّٰظِرِيۡنَۙ‏

Artinya: "Dan sungguh, Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan men-jadikannya terasa indah bagi orang yang memandang(nya)," (QS. Al-Hijr: 16)

Ayat Al-Qur'an tentang Bintang (8)

تَبَارَكَ ٱلَّذِى جَعَلَ فِى ٱلسَّمَآءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَٰجًا وَقَمَرًا مُّنِيرًا

Artinya: :Mahasuci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya." (QS. Al-Furqan: 61)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer