Sukses


10 Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kurma muda kering memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Rasanya yang manis dan kenyal, membuat kurma cukup digemari oleh semua kalangan.

Selain menjadi camilan yang lezat dan praktis, kurma muda kering kaya akan nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral.

Dikenal dengan rasa manis alami dan teksturnya yang kenyal, buah ini tidak hanya memuaskan lidah tetapi juga memberikan berbagai manfaat yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, kurma muda kering menjadi pilihan camilan yang cerdas dan sehat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan asupan nutrisi harian mereka.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang manfaat kesehatan kurma muda kering, serta cara optimal untuk mengintegrasikannya ke dalam pola makan sehari-hari demi mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat kurma muda kering untuk kesehatan yang perlu diketahui, disadur dari Merdeka, Sabtu (29/6/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami, glukosa, fruktosa, dan sukrosa pada buah kurma dapat memberi energi cepat saat tubuh sedang membutuhkannya.

Selain itu, kurma juga mengandung serat, potasium, magnesium, dan vitamin yang bisa membuat tubuh lebih fit dan tidak mudah lelah.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan serat pada buah kurma dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Kurma mengandung banyak serat diet yang bisa membersihkan sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Dengan begitu, kurma bisa membantu Anda menangkal konstipasi. Jika Anda sedang melakukan diet, kurma kering bisa menjadi sahabat Anda karena nutrisi dan serat yang dikandungnya.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

3. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan asam amino dan seng pada kurma berperan penting untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama pada pria.

Selain itu, biji dan serbuk sari kurma juga memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon reproduksi pria dan wanita.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dan asam amino pada kurma muda kering bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Satu di antaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan kesehatan kulit. Antioksidan serta serat larutnya juga baik untuk seluruh kesehatan tubuh.

Selain itu, buah kurma kering juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan B5 yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin B5 di dalamnya juga baik untuk menangkal radikal bebas, menguatkan pembuluh darah, dan memperbaiki sel yang rusak.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma muda kering juga memiliki kandungan kalsium yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Dengan begitu, buah kering ini sangat cocok untuk mencegah osteoporosis dan arthritis. Jika Anda ingin menguatkan tulang, buah kurma kering bisa menjadi pilihan yang ideal sebagai camilan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang mengalami penyakit jantung biasanya mengalami rasa nyeri di bagian dada dan menjalar ke bahu atau leher.

Satu di antara jenis gangguan jantung yang paling sering dialami seseorang ialah penyakit jantung koroner.

Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Satu di antara cara mencegah penyakit jantung yang paling mudah adalah mengonsumsi buah kurma.

Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya mampu mencegah penyakit jantung, buah kurma muda kering juga bisa secara efektif menurunkan berat badan.

Buah kurma mengandung serat dan protein tinggi yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tentu saja manfaat kurma ini bisa didapatkan dengan optimal jika dikonsumsi secara teratur dan didampingi dengan pola makan sehat.

8. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kerusakan sel, melalui proses stres oksidatif. Untuk menangkal komponen yang membahayakan kesehatan ini, tubuh memiliki mekanisme pertahanan khusus yaitu antioksidan.

Meski dapat menghasilkan antioksidan sendiri, tubuh cenderung lebih bergantung pada antioksidan yang berasal dari luar.

Satu di antara cara mencegah radikal bebas secara alami yaitu dengan mengonsumsi kurma muda kering. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah radikal bebas.

Tentu saja, manfaat kurma ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Kurma Muda Kering untuk Kesehatan

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah kurma berfungsi efektif untuk meningkatkan kesehatan otak.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi makanan yang dicampur dengan kurma memiliki memori dan kemampuan belajar yang jauh lebih baik.

Selain itu, kurma juga mampu menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak otak yang penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

10. Menstabilkan Gula Darah

Kurma muda kering memiliki manfaat menstabilkan gula darah, terutama bagi mereka yang mengidap diabetes.

Buah ini mengandung lebih sedikit gula daripada kurma tua, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Kandungan serat yang tinggi pada kurma ini juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah keinginan makan berlebihan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Published: 13/6/2022).

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer