Sukses


13 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian dan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa. Satu di antara cara paling efektif untuk mengelola asam urat adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah, yang terbentuk dari penguraian purin. Purin adalah senyawa yang ditemukan dalam berbagai makanan.

Bagi para pengidap asam urat, mengelola pola makan merupakan kunci penting dalam mengendalikan kadar asam urat dan mencegah serangan gout yang menyakitkan.

Satu di antara langkah penting adalah dengan menghindari makanan tinggi purin. Dengan memahami makanan apa saja yang harus dihindari, pengidap asam urat dapat membuat pilihan yang lebih sehat dan mencegah terjadinya serangan asam urat yang menyakitkan.

Selain itu, pengetahuan tentang makanan yang harus dihindari penting untuk membantu pengidap asam urat dalam merencanakan menu sehari-hari yang aman dan sehat.

Berikut makanan yang harus dihindari penderita asam urat, disadur dari Klikdokter, Senin (1/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Daging Merah

Satu di antara makanan yang perlu dihindari pengidap asam urat adalah daging merah. Ini karena daging merah tinggi purin yang bisa memicu kekambuhan gejala asam urat.

Berbagai contoh daging merah di antaranya adalah daging sapi, daging kambing, daging domba, atau daging babi.

2. Daging Putih

Selain daging merah, daging putih bisa jadi pantangan makanan untuk pengidap asam urat. Sama seperti daging merah, daging bebek atau daging ayam beserta kulitnya juga tinggi kandungan purin di dalamnya.

Pada sebagian pengidap asam urat, makanan ini perlu dibatasi. Jika saat itu gejalanya sedang kambuh, baiknya makanan ini dihindari.

3. Makanan Laut

Selain ikan lemak, makanan laut seperti udang, kerang, kepiting, dan lobster juga tinggi purin. Hal ini berarti makanan ini masuk pantangan untuk pengidap asam urat.

Biasanya penyajian makanan ini jadi menu utama restoran makanan laut. Bisa jadi, asam uratmu kambuh karena mengonsumsi deretan makanan ini sekaligus.

3 dari 6 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

4. Jeroan

Daging organ seperti hati, ginjal, atau jantung dari hewan ternak mengandung purin yang tinggi. Ini termasuk gajih atau lemak daging merah yang sering disajikan menjadi sup atau rawon.

Jeroan maupun lemak jadi makanan yang tidak boleh diberikan untuk pasien asam urat dan kolesterol tinggi.

5. Ikan Berlemak

Sarden, ikan teri, ikan tuna, atau ikan hering adalah jenis ikan berlemak. Deretan ikan ini biasanya direkomendasikan karena mengandung lemak yang menyehatkan jantung dan otak.

Akan tetapi, jenis ikan ini mengandung purin yang bisa menyebabkan asam urat pada beberapa orang.

6. Makanan Tinggi Gula

Pengidap asam urat juga harus menghindari makanan yang tinggi gula. Pasalnya, makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang cukup tinggi.

Di samping itu, makanan ini juga bisa menambah berat badan. Kondisi ini bisa memperparah gejala asam urat yang dimiliki. Oleh karenanya, pengidap asam urat harus menjaga berat badannya tetap ideal.

4 dari 6 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

7. Makanan Olahan

Penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan olahan seperti sosis, daging asap, dan daging olahan lainnya. Hal ini dikarenakan makanan olahan tersebut mengandung banyak bahan pengawet dan garam yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Maka itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan.

Sebagai alternatif, mereka sebaiknya mengonsumsi makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang rendah purin. Selain itu, tingkatkan konsumsi air putih yang cukup untuk membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

8. Jenis Sayuran Tertentu

Sayuran menyediakan serat, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Beberapa jenis sayuran ternyata mengandung tinggi purin, seperti bayam, kembang kol, asparagus, kangkung, maupun tauge.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients edisi Desember 2020, menemukan bahwa sayuran purin tinggi tidak memperburuk asam urat seperti halnya makanan hewani tinggi purin.

Namun, respons tubuh pada setiap orang bisa berbeda-beda. Bisa jadi, konsumsi makanan ini saat gejala asan urat sedang kambuh bisa memperparah kondisiya. Oleh sebab itu, beberapa pengidap asam urat mungkin menjadikan deretan sayuran ini sebagai pantangan.

9. Kacang-kacangan

Selain sayur, kacang-kacangan menyediakan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Hanya, beberapa kacang seperti kacang kering, kacang polong, dan lentil mengandung purin tinggi. Kamu mungkin perlu menghindarinya saat gejala asam urat kambuh.

5 dari 6 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

10. Minuman Kemasan

Fruktosa adalah gula yang memberi rasa manis pada buah dan sayuran. Sirup jagung fruktosa tinggi satu di antara pemanis buatan yang digunakan pada minuman ringan hingga makanan yang dipanggang.

Asam urat adalah produk sampingan dari pencernaan fruktosa dalam tubuh. Jadi, makanan dan minuman tinggi kandungan fruktosanya dapat memicu gejala asam urat.

Nah, minuman kemasan adalah contoh minuman yang menjadi pantangan pengidap asam urat.

11. Alkohol

American College Rheumatology merekomendasikan pengidap asam urat untuk membatasi jumlah alkohol yang mereka minum.

Diketahui bahwa orang yang tidak minum alkohol, memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penyakit asam urat dibandingkan orang yang punya kebiasaan minum alkohol.

Jadi, proses pencernaan segala jenis alkohol dalam tubuh meningkatkan kadar asam urat. Bir khususnya berisiko karena memiliki kandungan purin yang tinggi.

6 dari 6 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

12. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Rafinasi

Pengidap asam urat perlu membatasi makanan yang mengandung karbohidrat rafinasi. Karbohidrat rafinasi merupakan karbohidrat sederhana yang tidak banyak mengandung serat. Tubuhmu akan mencerna makanan ini dengan cepat sehingga lebih cepat membuat lapar.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat rafinasi adalah nasi putih, roti, dan pasta.

13. Durian

Bagi penderita asam urat, batas konsumsi purin per hari sebaiknya tidak melebihi 100-150 mg. Durian kaya purin, di mana setiap 100 gram durian mengandung sekitar 40-60 mg purin.

Jika mengonsumsi lebih dari satu porsi durian, jumlah purin dalam tubuh akan meningkat secara signifikan. Akibatnya, asam urat dalam tubuh akan terakumulasi dan menyebabkan gejala asam urat yang tidak diinginkan.

Selain itu, durian dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah karena kandungan kalium yang cukup tinggi. Penyakit asam urat sudah memiliki risiko faktor lain seperti hipertensi.

 

Disadur dari: Klikdokter (Published: 30/8/2023)

Baca artikel seputar asam urat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer