Sukses


Arti Cashless beserta Macam-Macam Aspek Utamanya

Bola.com, Jakarta - Cashless merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang tidak menggunakan uang tunai atau seperti yang biasa kita kenal dengan kartu kredit atau debit.

Dalam era digital, penggunaan metode cashless makin populer karena lebih praktis, cepat, dan aman. Cashless juga dikenal sebagai metode yang mengurangi risiko kehilangan uang tunai dan memudahkan para pengguna dalam melacak dan mengatur catatan keuangannya.

Dengan menggunakan metode cashless, pengguna dapat melakukan berbagai macam transaksi seperti membayar tagihan, belanja online, atau transfer uang secara elektronik. Sebagai contoh, dengan menggunakan e-wallet atau dompet digital, pengguna dapat membeli berbagai produk atau layanan hanya dengan menggunakan ponsel smartphone mereka.

Tak hanya itu, menggunakan metode cashless juga membatasi kontak fisik yang dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit.

Satu di antara keuntungan utama dari penggunaan metode cashless adalah kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai ketika bepergian atau khawatir kehabisan uang di tengah-tengah perjalanan.

Dalam beberapa kasus, metode cashless juga menawarkan promo menarik seperti diskon atau cashback yang membuatnya lebih menguntungkan bagi pengguna.

Agar makin jelas, berikut ini macam-macam aspek utama dari sistem cashless, Selasa (2/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Cashless

1. Metode Pembayaran Elektronik

Transaksi dilakukan menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau kartu prabayar yang dihubungkan dengan rekening bank.

2. Aplikasi Pembayaran Digital

Penggunaan aplikasi pembayaran mobile seperti e-wallet (dompet digital) di ponsel pintar, misalnya, PayPal, GoPay, OVO, dan lainnya.

3. Transfer Bank Elektronik

Transfer uang melalui internet banking atau mobile banking.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Cashless

4. Pembayaran Melalui Kode QR

Scan kode QR di tempat-tempat penjualan untuk melakukan pembayaran secara langsung.

5. Pembayaran Otomatis

Pengaturan pembayaran otomatis untuk tagihan rutin seperti listrik, air, internet, dan lainnya.

6. Keamanan Transaksi

Menggunakan teknologi enkripsi dan autentikasi untuk melindungi informasi pribadi dan keuangan pengguna.

 

Yuk, baca artikel arti lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer