Sukses


Arti PPDB beserta Macam-Macam Aspek Pentingnya

Bola.com, Jakarta - Pendataan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah suatu sistem yang digunakan oleh pemerintah untuk mengumpulkan data calon siswa yang ingin mendaftar di sekolah-sekolah.

PPDB bertujuan untuk memastikan proses penerimaan siswa baru berjalan secara adil dan transparan. Proses ini melibatkan beberapa tahapan seperti pendaftaran, penentuan kuota, dan pengumuman kelulusan.

Dengan adanya PPDB, diharapkan proses penerimaan siswa baru dapat berjalan secara adil dan transparan sehingga setiap calon siswa memiliki peluang yang sama dalam mendapatkan pendidikan berkualitas.

Agar lebih paham lagi, ketahui macam-macam aspek dalam PPDB, Selasa (2/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Aspek Penting PPDP

1. Pendaftaran

Calon siswa dan orang tua melakukan pendaftaran ke sekolah-sekolah yang diinginkan. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring (online) atau luring (offline), tergantung kebijakan daerah dan sekolah.

2. Seleksi

Sekolah melakukan seleksi berdasarkan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Kriteria seleksi bisa meliputi:

  • Nilai Akademik: Nilai rapor atau hasil ujian sebelumnya.
  • Jalur Zonasi: Berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa dengan sekolah.
  • Jalur Prestasi: Berdasarkan prestasi akademik atau non-akademik.
  • Jalur Afirmasi: Untuk siswa dari keluarga tidak mampu atau dengan kebutuhan khusus.
  • Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali: Untuk siswa yang mengikuti perpindahan tempat tinggal orang tua/wali.

3. Pengumuman

Hasil seleksi diumumkan oleh sekolah, dan calon siswa yang diterima biasanya diminta untuk melakukan daftar ulang sebagai konfirmasi penerimaan.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Aspek Penting PPDP

4. Daftar Ulang

Proses di mana siswa yang diterima melakukan registrasi ulang dan memenuhi persyaratan administrasi yang diperlukan untuk menjadi siswa resmi di sekolah tersebut.

5. Persyaratan Dokumen

Dokumen yang biasanya dibutuhkan meliputi akta kelahiran, kartu keluarga, rapor, surat keterangan lulus, dan dokumen pendukung lainnya sesuai jalur pendaftaran.

6. Jadwal

Jadwal PPDB biasanya diumumkan oleh dinas pendidikan setempat dan bisa berbeda-beda setiap daerah. Prosesnya biasanya berlangsung selama beberapa minggu.

 

Yuk, baca artikel arti lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer