Sukses


Pasca Insiden Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, PBSI Akan Bersurat ke BWF

Bola.com, Yogyakarta - Banyak pihak yang menyayangkan lambatnya tim medis dalam menangani Zhang Zhi Jie, pebulutangkis asal China yang meninggal di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Zhang Zhi Jie mengembuskan napas terakhir setelah kolaps saat bertanding melawan Jepang di Badminton Asia Junior Championship 2024.

Insiden itu terjadi saat laga baru memasuki game pertama dengan kedudukan 11-11 seusai wakil Jepang, Kazuma Kawano mencetak angka. Ketika hendak melakukan servis, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan kejang-kejang.

Saat kejadian, pelatih China sempat masuk ke lapangan untuk melihat keadaan anak asuhnya. Namun dia mendapat teguran wasit karena hal itu melanggar peraturan. Termasuk kapan tim medis diperbolehkan masuk lapangan juga sudah diatur dalam regulasi BWF. 

Kabid Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy angkat bicara soal tim medis yang dinilai lamban dalam menangani Zhang Zhi Jie. Dia berujar, semua kendali di lapangan ada pada keputusan wasit. 

"Semua pertandingan dikendalikan atau dikomando oleh wasit, jadi kalau dilihat di video itu, wasit belum ada atau belum masuk, juga belum memanggil tim medis yang ada di lapangan. Kalau soal kenapa, mungkin bisa ditanyakan ke wasit," ujar Broto Happy.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bersurat ke BWF

Menyikapi hal itu, PBSI akan bersurat kepada BWF selaku organisasi bulu tangkis dunia itu untuk mengkaji ulang regulasi tersebut. Hal ini dilakukan demi keselamatan pemain dan diharapkan kejadian seperti itu tak terjadi lagi.

"Kemudian soal ke depan, itu salah satu usaha ya, bahwa ke depan mungkin kami bisa berkirim surat ke BWF agar aturan tentang tim medis baru bisa masuk setelah ada call dari wasit, kita berharap ke depannya memang harus lebih cepat lagi bila terjadi kejadian darurat," paparnya.

"Mungkin aturan itu bisa dikalahkan lah karena demi keselamatan atlet dan juga untuk kebaikan bagi seluruh pemain yang bertanding," sambung Broto Happy.

 

3 dari 3 halaman

Ucapan Duka Presiden Badminton Asia

Presiden Badminton Asia, Kim Jong-soo turut berbelasungkawa atas berpulangnya tunggal putra China Zhang Zhi Jie. Dia mengaku sedih atas kejadian itu.

"Atas nama Komite Eksekutif Badminton Asia dan semua anggota kami, kami ingin menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA) dan keluarga Zhang Zhi Jie," kata Kim Jong-soo saat menghadiri konferensi pers di Yogyakarta, Senin (1/7/2024).

"Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan bagaimana perasaan kita tetapi tolong ketahuilah bahwa pikiran dan doa kita bersama dia dan keluarganya selama masa-masa sulit ini,".

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan panitia penyelenggara atas tindakan cepat dan dukungan mereka melalui cobaan yang sulit ini," lanjutnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer