Sukses


9 Mitos Makan Brutu Ayam, Membawa Kesialan atau Nasib Buruk

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal brutu ayam? Bagian ayam ini mudah diolah menjadi berbagai hidangan enak daa lezat.

Namun, di balik kelezatannya, brutu ayam kerap diselimuti berbagai mitos yang membuat sebagian orang ragu untuk menyantapnya.

Mitos-mitos seputar brutu ayam telah beredar sejak lama dan berakar dari berbagai kepercayaan maupun tradisi.

Satu di antara mitos yang paling umum adalah anggapan bahwa makan brutu ayam membawa kesialan atau nasib buruk.

Terlepas dari itu, mitos makan brutu ayam merupakan satu di antara dari sekian banyak kepercayaan tradisional yang berkembang di masyarakat Jawa.

Kendati banyak yang menganggapnya sebagai bagian dari budaya dan kearifan lokal, sebagian lainnya memandang mitos ini dengan skeptisisme karena tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim-klaim tersebut.

Berikut sembilan mitos makan brutu ayam, membawa kesialan atau nasib buruk, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mitos Makan Brutu Ayam

1. Bikin Pikun

Mitos ini mungkin muncul karena anggapan bahwa brutu ayam mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh. Faktanya, kandungan kolesterol dan lemak jenuh dalam brutu ayam tidak jauh berbeda dengan bagian ayam lainnya.

Penelitian ilmiah pun tidak menunjukkan hubungan antara konsumsi brutu ayam dengan penurunan fungsi kognitif atau kepikunan.

2. Menyebabkan Jerawat

Tidak ada hubungan langsung antara konsumsi brutu ayam dengan munculnya jerawat. Jerawat lebih dipengaruhi oleh faktor hormonal, genetik, dan pola makan secara keseluruhan, bukan hanya dari satu jenis makanan tertentu.

3. Mengurangi Keberuntungan dalam Percintaan

Menurut mitos, orang yang sering makan brutu ayam mungkin akan mengalami kesulitan dalam kehidupan percintaan atau hubungan asmara.

3 dari 4 halaman

Mitos Makan Brutu Ayam

4. Mengganggu Kesehatan

Kendati ini lebih berkaitan dengan kepercayaan, ada yang berpendapat bahwa makan brutu ayam secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan menyebabkan berbagai penyakit.

5. Membuat Orang Menjadi Pemalas

Dipercaya bahwa orang yang sering makan brutu ayam akan menjadi malas dan kurang bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

6. Mengurangi Kecerdasan

Mitos ini menyebutkan bahwa mengonsumsi brutu ayam bisa menurunkan kecerdasan seseorang sehingga sulit untuk berpikir jernih atau cepat tanggap.

4 dari 4 halaman

Mitos Makan Brutu Ayam

7. Membawa Sial

Beberapa orang percaya bahwa makan brutu ayam dapat membawa kesialan atau nasib buruk dalam kehidupan sehari-hari.

8. Menghambat Kesuksesan

Ada yang meyakini bahwa kebiasaan makan brutu ayam bisa menghambat jalan menuju kesuksesan, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi.

9. Menurunkan Wibawa

Mitos ini mengungkapkan bahwa sering makan brutu ayam dapat membuat wibawa seseorang berkurang di mata orang lain, terutama dalam lingkungan sosial atau profesional.

 

Dapatkan artikel mitos berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer