Sukses


Cara Mencairkan Daging Beku yang Cepat dan Aman

Bola.com, Jakarta - Mengetahui cara mencairkan daging beku dengan benar menjadi hal penting. Bagi sebagian orang, membeli daging beku mungkin menjadi pilihan yang lebih praktis dan hemat.

Namun, jika tidak ditangani dengan benar, proses mencairkan daging beku dapat menyebabkan kerugian bagi kualitas dan rasa daging tersebut.

Penting mengetahui cara mencairkan daging beku dengan benar agar bisa mempertahankan kelembapan dan nutrisi di dalamnya.

Satu di antara metode yang dianjurkan adalah mencairkannya di dalam kulkas. Proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan metode lainnya.

Dengan mencairkan daging beku dalam kulkas, Anda dapat mencegah terjadinya perubahan kondisi daging yang dapat menyebabkan kerusakan kualitas dan tekstur daging.

Mengetahui cara mencairkan daging beku dengan benar juga dapat menghindari terjadinya perubahan suhu yang drastis.

Jika daging beku langsung dicairkan menggunakan panas, misalnya dengan cara direbus atau dibakar, akan terjadi perubahan suhu yang cepat pada bagian luar daging, sementara bagian dalam masih beku. Hal ini dapat membuat daging menjadi lebih keras dan kering sehingga mengurangi cita rasa dan mutu daging.

Namun, jika Anda terburu-buru untuk memasak daging beku, Anda bisa menggunakan cara yang cepat dan tepat ini.

Berikut cara mencairkan daging beku dengan cepat dan benar, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Menggunakan Air Dingin

Cairkan daging beku dengan menggunakan air dingin. Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencairkannya di dalam suhu kulkas.

  1. Masukkan daging ke kantong yang bisa ditutup rapat sehingga bisa melindungi daging agar tidak terserang bakteri.
  2. Rendam kantong yang berisi daging ke dalam mangkuk yang telah diiisi air dingin. Biarkan daging terendam dengan air hingga dagingnya benar-benar mencair.
  3. Setelah mencair, daging harus segera dimasak. Upayakan isi kantong sesuai kebutuhan porsi memasak. Jika ingin membekukannya kembali, harus tetap memasaknya terlebih dahulu.
3 dari 3 halaman

Menggunakan Microwave

Mencairkan daging beku dengan microwave. Microwave bisa mencairkan daging beku hanya dalam waktu beberapa menit.

Namun, tetap hati-hati. Mencairkan daging dengan microwave bisa membuat daging matang sebagian atau membuatnya menjadi keras sehingga memengaruhi kualitas makanan. 

Cara mencairkan daging beku dengan microwave:

  1. Letakkan daging pada wadah. Bisa menggunakan wadah seperti piring keramik atau kaca yang tidak tercampur dengan bahan logam dan tentunya aman digunakan untuk microwave.
  2. Selama proses pencairan, bisa dilakukan pengecekan daging setiap satu menit atau lebih dengan cara menekan tombol pause untuk memeriksa.
  3. Cek daging dengan menyentuhnya. Bila sudah terasa hangat, biarkan daging menjadi dingin dahulu selama satu menit atau lebih, sebelum melanjutkan untuk mencairkannya lagi.
  4. Setelah daging beku selesai dicairkan, keluarkan daging dari microwave. Daging beku yang sudah cair bisa langsung diolah.

Daging yang sudah terpapar suhu hangat, memungkinkan tumbuh bakteri. Oleh karena itu, daging harus segera dimasak agar makanan tidak terkontaminasi. Kalau ingin membekukannya lagi, ada baiknya memasaknya terlebih dahulu.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer