Sukses


Doa Memohon Kecerdasan Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Doa memohon kecerdasan merupakan satu di antara bentuk ibadah yang penuh makna dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan bukan hanya tentang kemampuan intelektual, tetapi juga meliputi kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, pemahaman yang mendalam menghadapi tantangan hidup.

Dengan berdoa, kita memohon kepada Tuhan agar diberikan kecerdasan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, serta kemampuan untuk mengatasi berbagai persoalan dengan bijak.

Dalam tradisi agama Islam, doa memohon kecerdasan merupakan ungkapan kerendahan hati dan pengakuan bahwa sumber segala ilmu dan kebijaksanaan adalah Tuhan.

Dengan berdoa, kita menempatkan diri sebagai hamba yang membutuhkan bimbingan dan pencerahan. Doa ini bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga cerminan niat tulus untuk terus belajar, berusaha, dan memperbaiki diri.

Melalui doa, kita juga menguatkan tekad untuk menggunakan kecerdasan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.

Berikut doa memohon kecerdasan menurut agama Islam, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa Memohon Kecerdasan Menurut Agama Islam

Doa Kecerdasan agar Diberi Kemampuan Menghafal

اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ

Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii.

Artinya: Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.

Doa Sebelum Belajar Pendek

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh.

3 dari 3 halaman

Doa Memohon Kecerdasan Menurut Agama Islam

Doa sebelum Belajar 

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ. للّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin. Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh. Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia-Mu bagi kami, wahai Zat yang Maha Pengasih.

Doa Setelah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali. Janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer