Sukses


Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup

Bola.com, Jakarta - Melafalkan doa agar percaya diri dan tidak gugup merupakan satu di antara bentuk permohonan kepada Allah Swt. untuk mendapatkan ketenangan hati maupun pikiran.

Melalui doa, kita bisa mengalihkan fokus dari kekhawatiran, ketakutan, dan lebih menyerahkan diri pada kebesaran-Nya.

Hal ini bukan hanya membantu mengurangi rasa gugup, tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kita mampu menghadapi tantangan apa pun dengan lebih tenang dan yakin.

Terkadang, ketika menghadapi situasi yang menantang, banyak dari kita merasakan gugup dan kurang percaya diri. Perasaan ini bisa menghambat performa dan membuat kita tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaik.

Namun, dengan berdoa, perasaan tersebut bisa teratasi. Ya, bisa dibilang melafalkan doa dapat memberikan ketenangan batin, menguatkan mental, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Ini adalah langkah sederhana, tetapi efektif untuk mengatasi gugup dan meningkatkan rasa percaya diri.

Berikut bacaan doa agar percaya diri dan tidak gugup yang bisa dilafalkan umat muslim, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (1)

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِ

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku."

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (2)

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Artinya: "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu." (HR. Ibnu Suni, Abu Dawud, At Tirmidzi)

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (3)

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: "Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau mudahkan. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (4)

رَّبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ وَٱجۡعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّصِيرٗا

Artinya: "Ya Tuhanku, masukkanlah aku ke tempat masuk yang benar, keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar, serta berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong."

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (5)

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha: 25-28)

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (6)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (7)

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: "Allah mencukupi bagi kami, Dia adalah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penolong."

Bacaan Doa agar Percaya Diri dan Tidak Gugup (8)

اللَّهُمَّ وَقَرٌ حَظِّى مِنْ خَيْرٍ تَنْزِلُهُ أَوْ إِحْسَانٍ تَفْضِلُهُ أَوْ بِرٌ تَنْشُرُهُ أَوْ رُزْقٍ تَبْسُطُهُ أَو ذَنْبٍ تَغْفِرُهُ أَوْ خَطَاءٍ تَسْتُرُهُ يَا إِلَهِ يَامَنْ بِيَدِهِ نَاصِيَتِي يَا عَلِيمُ بِضُرِّى وَمَسْكَنَتِي يَا خَبِيرٌ بِفَقْرِى وَفَاقَتِي يَارَبِّ أَسْأَلُكَ بِحَقِّكَ وَقُدْسِكَ وَأَعْظَم صِفَاتِكَ وَأَسْمَاءِكَ أَنْ تَجْعَلَ أَوْقَاتِي بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ بِذِكْرِكَ مَعْمُوْرَةً

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kebahagiaan saya dari kebaikan yang Engkau turunkan, atau kebaikan yang Engkau anugerahkan, atau kebajikan yang Engkau sebarkan, atau rezeki yang Engkau luaskan, atau dosa yang Engkau ampuni, atau kesalahan yang Engkau tutupi. Wahai Tuhan, yang tanganku berada dalam genggaman-Mu, yang mengetahui kesulitanku dan tempat tinggalku, yang mengetahui kefakiranku dan kecukupanku, ya Tuhan, aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran-Mu, kesucian-Mu, sifat-sifat-Mu yang agung, dan nama-nama-Mu agar Engkau memenuhi waktuku baik di siang hari maupun di malam hari dengan mengingat-Mu."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer