Sukses


Bacaan Doa Malam 1 Suro yang Bisa Dilafalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Malam 1 Suro umumnya diperingati pada malam hari setelah Magrib, sehari sebelum 1 Muharam, yang merupakan momen istimewa, khususnya bagi umat muslim pulau Jawa. 

Di malam penuh berkah ini, banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan, satu di antaranya adalah membaca doa malam 1 Suro.

Doa malam 1 Suro bukan hanya tentang menyambut Tahun Baru Islam, tetapi juga menjadi momen untuk refleksi diri dan memohon ampunan atas dosa dan khilaf di tahun yang lalu.

Dengan diiringi keyakinan dan keikhlasan, doa di malam 1 Suro ini diharapkan dapat membuka pintu keberkahan dan kemudahan di tahun yang baru.

Membaca doa malam 1 Suro tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan orang-orang di sekitar.

Doa ini menjadi wujud kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama, sekaligus memohon perlindungan dari Allah Swt. agar dijauhkan dari berbagai mara bahaya dan cobaan.

Dengan penuh khusyuk dan pengharapan, mari jadikan momen malam 1 Suro ini sebagai awal yang penuh makna untuk menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah yang lebih cerah dan penuh keberkahan.

Berikut doa malam 1 Suro yang bisa dilafalkan, disadur dari Dream, Jumat (5/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa Malam 1 Suro

Doa malam 1 Suro ini sejatinya sama dengan doa akhir tahun dan awal tahun hijriah. Doa ini dibaca sebanyak tiga kali sebelum masuk waktu salat Magrib.

"Allahumma maa 'amiltu min 'amalin fi hadzihis-sanati maa nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadllika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardla, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim."

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku, Ya Tuhan Yang Maha Pemurah."

3 dari 3 halaman

Doa Malam 1 Suro Selanjutnya

Penentuan tanggal 1 Suro hampir sama dengan 1 Muharam. Hal ini berarti pergantian tahun ini terjadi pada malam hari dengan munculnya hilal dari bulan. Artinya, jika hilal tanggal 1 terlihat, pergantian tahun pun berlangsung.

Maka itu, dianjurkan bagi umat muslim membaca lafal doa malam 1 Suro berikut ini selepas Magrib sebagai bacaan doa awal tahun:

"Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadllikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadiidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis-su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram."

Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu, Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Selain membaca doa malam 1 Suro di atas, sebaiknya juga mengisi malam pergantian tahun tersebut dengan amalan positif. Membaca Al-Qur'an, salat sunah, memperbanyak doa, istigfar dan sedekah, serta muhasabah (intropeksi) diri.

 

Disadur dari: Dream.co.id

Dapatkan artikel doa berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer