Sukses


8 Hadis tentang Khitan yang Penting Dipahami

Bola.com, Jakarta - Khitan, atau dalam bahasa Arab disebut tahtan, merupakan satu di antara tradisi yang telah lama dipraktikkan dalam berbagai budaya dan agama.

Dalam Islam, khitan bukan hanya tradisi, tetapi juga sunah yang dianjurkan bagi laki-laki. Banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang menjelaskan tentang keutamaan khitan.

Melalui hadis-hadis ini, kita dapat memahami alasan dan hikmah di balik anjuran untuk melakukan khitan, serta bagaimana praktik ini diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari umat muslim.

Melaksanakan khitan berarti membersihkan diri dan menyucikan diri dari kotoran yang ada di sekitar organ intim. Selain itu, khitan memiliki beberapa manfaat kesehatan, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Bagi laki-laki, khitan dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, kanker penis, dan penyakit menular seksual. Sedangkan bagi perempuan, khitan dapat membantu mencegah keputihan, kanker serviks, dan infeksi organ reproduksi.

Maka itu, dianjurkan bagi orang tua muslim untuk mengkhitan anak laki-laki mereka sesegera mungkin setelah lahir. Khitan tidak hanya merupakan sunah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan anak.

Berikut delapan hadis tentang khitan yang penting dipahami umat muslim, Senin (8/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Khitan

Hadis tentang Khitan (1)

"Fitrah laki-laki itu ada lima: Khitan, mencukur rambut kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong kumis." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Khitan (2)

"Hilangkan di dalam dirimu rambut kekafiran (yang menjadikan kaum kafir) dan berkhitanlah." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Khitan (3)

"Khitan itu merupakan amalan sunah bagi laki-laki dan kemuliaan bagi wanita." (HR. Al Baihaqi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Khitan

Hadis tentang Khitan (4)

"Khitanlah anak laki-lakimu pada hari ketujuh karena sesungguhnya itu menjadikan dia suci dan lebih cepat tumbuh daging (cepat tumbuh besar)." (HR. Ar-Rafi’i)

Hadis tentang Khitan (5)

"Barang siapa yang masuk Islam maka hendaknya dia harus berkhitan." (HR. As-Syaukani)

Hadis tentang Khitan (6)

"Khitan menjadi perbuatan sunah bagi laki-laki dan bisa memuliakan wanita." (HR. Ahmad, Baihaqi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Khitan

Hadis tentang Khitan (7)

"Jika Engkau mengkhitan wanita, lakukan dan sisakanlah sedikit dan jangan dipotong (kulit klitoris) semuanya karena hal itu akan membuatnya ceria dan akan disenangi suaminya." (HR. Baihaqi, Daulabi, Tabrani, Ibnu Adi, Al-Khatib)

Hadis tentang Khitan (8)

"Bahwasanya di Madinah ada seorang wanita yang melakukan pekerjaan mengkhitan wanita, lalu Rasulullah saw. bersabda: Jangan berlebihan saat memotong, karena hal demikian bisa lebih nikmat untuk wanita dan akan disenangi suaminya." (HR. Abu Dawud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer