Sukses


5 Contoh Teks Tanggapan Kritis yang Bisa Dijadikan Referensi Belajar

Bola.com, Jakarta - Teks tanggapan kritis merupakan bentuk tulisan yang bertujuan untuk memberikan penilaian, kritik, atau respons terhadap suatu karya atau fenomena. Biasanya, teks ini menyajikan pandangan penulis yang didukung oleh argumen-argumen logis dan fakta yang relevan.

Teks tanggapan kritis penting karena membantu pembaca memahami berbagai sudut pandang dan analisis yang mendalam tentang topik yang dibahas. Melalui teks ini, penulis dapat mengajak pembaca untuk berpikir lebih kritis dan mempertimbangkan aspek-aspek yang mungkin terlewatkan.

Dalam menyusun teks tanggapan kritis, penulis harus mampu mengekspresikan pendapat secara objektif dan adil.

Pentingnya teks tanggapan kritis terletak pada kemampuannya untuk memicu diskusi dan refleksi yang konstruktif. Dengan menyajikan argumen yang kuat dan bukti yang akurat, teks ini dapat menjadi alat yang efektif untuk mengevaluasi kualitas suatu karya atau fenomena.

Selain itu, melalui teks tanggapan kritis, pembaca dapat belajar untuk lebih kritis dalam menilai informasi yang mereka terima sehari-hari sehingga dapat menjadi pembaca yang lebih bijaksana dan informatif.

Berikut lima contoh teks tanggapan kritis yang bisa dijadikan referensi belajar, Selasa (9/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Keselamatan Berkendara

  • Evaluasi

Adanya berita kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi hal yang cukup sering kita temui, baik di berita, maupun di media sosial. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini. Hal yang dianggap sepele, tetapi sangat mengkhawatirkan.

  • Deskripsi Teks

Berdasarkan data dari kominfo.go.id, dalam setiap jam rata-rata ada tiga orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebesar 61 persen kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia yaitu kemampuan dan juga karakter dalam mengemudi.

Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan keselamatan dalam berkendara di masyarakat masih sangat rendah saat ini, mengingat lebih dari setengahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kemampuan dan juga karakter mengemudi manusia.

  • Penegasan Ulang

Oleh karena itu, peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sangat perlu ditingkatkan, dan perlu dimulai dari diri kita sendiri. Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku karena peraturan tersebut dibuat demi keselamatan bersama, termasuk diri kita sendiri.

Orang tua sebaiknya juga dengan bijaksana bisa mendidik anak-anaknya untuk belajar berkendara ketika memang sudah cukup umur dan dianggap sudah memiliki tanggung jawab atas setiap perbuatannya. Jangan baru menyesal kemudian ketika hal-hal ini terjadi pada diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita, ingat bahwa setiap nyawa sama berharganya.

3 dari 6 halaman

Investasi Bodong

  • Evaluasi

Saat ini telah marak tersebar di Indonesia terkait investasi bodong. Hal itu muncul pertama kali karena terdapat para influencer kaya (Crazy Rich) yang memamerkan seluruh harta kekayaannya. Banyak dari kalangan tersebut menyebut bahwa hasil kekayaannya berasal dari menanam saham, Bitcoin, dll.

Hingga pada akhirnya terkuak satu di antara crazy rich yang mempromosikan satu di antara aplikasi investasi bodong. Sosok influencer tersebut ditangkap polisi dan disita seluruh asetnya karena dianggap telah membohongi banyak masyarakat.

  • Deskripsi

Jadi para sosok influencer atau Crazy Rich tersebut merupakan seorang affiliator yang mempromosikan platform investasi bodong lewat beberapa tren viral, satu di antaranya pamer harta kekayaan.

Hal itu terbukti dapat menyerap berbagai orang yang ingin tergabung ke dalam aset bodongnya. Alih-alih ingin untung dan kaya seperti para influencer malahan banyak orang yang jatuh miskin akibat merugi.

  • Penegasan Ulang

Oleh sebab itu, ada berbagai kritik dan pesan untuk para masyarakat bahwa jangan tergiur dengan ucapan orang menginginkan kekayaan tanpa usaha. Sebab, hal itu dinilai mustahil karena pada hakikatnya kerja keras akan membuahkan hasil yang setimpal dengan perjuanganmu. Maka itu, tidak ada orang yang cepat kaya dengan cara instan.

4 dari 6 halaman

Hukuman Mati bagi Teroris

  • Evaluasi

Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, hal ini membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkannya pada beberapa kasus, satu di antaranya terorisme.

Tentu perbuatan mereka yang melakukan terorisme juga merupakan tindakan yang keji. Namun, eksekusi mati bagi saya bukan solusi terbaik.

  • Deskripsi Teks

Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia; sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama enam tahun terakhir, yaitu sebanyak 96 vonis per Oktober 2020.

Vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya. Khususnya terjadinya lonjakan hampir dua kali lipat pada 2019 dari tahun 2018.

Hal ini saya rasa dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk menemukan cara efektif lainnya, karena adanya hukuman eksekusi mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut.

  • Penegasan Ulang

Bagaimanapun sebagai negara yang menerapkan Pancasila, di mana sila pertama yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa". Semua warga negara Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama, dan setiap agama tentunya tidak membenarkan adanya eksekusi mati.

Kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya, yaitu hak untuk hidup.

5 dari 6 halaman

Kebakaran Hutan

  • Evaluasi

Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Namun, apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

  • Deskripsi Teks

Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di Pulau Sumatra dan Kalimantan, bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain.

Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan makin luas. Namun, keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak.

Penyelidikan mengenai satu di antara faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru.

Peran pemerintah pun dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

  • Penegasan Ulang

Diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam.

Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

6 dari 6 halaman

Tempat Sampah pada Mobil

  • Evaluasi

Pemerintah Kota Bandung membuat aturan baru mengenai tempat sampah pada mobil. Semua pemilik mobil diharuskan meletakkan tempat sampah di mobilnya. Jika tidak, pemilik atau sopir yang mengendarainya akan dikenai denda yang tak sedikit, yakni Rp250 ribu rupiah.

  • Deskripsi Teks

Aturan dan sanksi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bandung tersebut akan berdampak positif. Adanya tempat sampah di dalam mobil akan membuat sopir atau penumpang terbiasa membuang sampah di situ.

Jadi, mereka tidak akan membuang sampah ke jalan. Hal ini akan mengurangi sampah di jalanan dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Selain itu, penerapan sanksi berupa denda akan meningkatkan kesadaran masyarakat, meski pada awalnya mereka melakukannya karena terpaksa atau takut terkena denda. Namun, lama-kelamaan mereka akan terbiasa.

Tingkat kesadaran yang masih rendah membuat pemerintah harus membuat ancaman denda agar masyarakat mau melaksanakan aturan tersebut.

  • Penegasan Ulang

Penerapan aturan tersebut sangatlah tepat dan harus kita dukung. Aturan itu berdampak positif terhadap diri dan lingkungan.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer