Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka yang Bisa Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam, bagaikan peta kehidupan yang menuntun manusia menuju jalan yang benar.

Di dalamnya, terdapat petunjuk tentang berbagai hal, termasuk gambaran tentang surga dan neraka, tempat tinggal manusia setelah kematian.

Ayat-ayat Al-Qur'an tentang surga dan neraka melukiskan gambaran yang begitu indah dan mengerikan.

Surga digambarkan sebagai tempat penuh kenikmatan abadi, dengan taman-taman yang mengalirkan sungai susu dan madu, istana-istana megah, dan bidadari-bidadari yang cantik.

Sedangkan neraka digambarkan sebagai tempat penuh siksaan yang pedih, dengan api yang membakar, azab yang tiada henti, dan malaikat penyiksa yang kejam.

Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang surga dan neraka bukan hanya tentang mengetahui gambaran tempatnya, tetapi juga tentang memahami konsekuensi dari perbuatan manusia di dunia.

Surga menjadi balasan bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, sedangkan neraka menjadi tempat bagi orang-orang yang kufur dan berbuat dosa.

Dengan memahami ayat-ayat ini, diharapkan manusia termotivasi untuk berbuat kebaikan dan menghindari keburukan, agar kelak mereka mendapatkan kebahagiaan abadi di surga.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang surga dan neraka yang bisa direnungkan umat muslim, Selasa (9/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (1)

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْٓ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ۚ

Artinya: "Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang telah disediakan bagi orang-orang kafir." (QS. Ali ‘Imran: 131)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (2)

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Artinya: "Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabbmu dan mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali ‘Imran: 133)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (3)

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ

Artinya: "Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?" (QS. Muhammad: 15)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (4)

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ ۞   خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ  ۞  وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَۗ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ ۞

Artinya: "Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka. Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik napas (dengan merintih). Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia maka tempatnya di dalam surga. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya." (QS. Hud: 106-108)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (5)

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka, masuklah kamu kekal di dalamnya." (QS. Az-Zumar: 73)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (6)

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِنَا سَوْفَ نُصْلِيْهِمْ نَارًاۗ كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُمْ بَدَّلْنٰهُمْ جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوْقُوا الْعَذَابَۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang kufur pada ayat-ayat Kami kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain agar mereka merasakan (kepedihan) azab. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. An-Nisā': 56)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (7)

فَاِنۡ لَّمۡ تَفۡعَلُوۡا وَلَنۡ تَفۡعَلُوۡا فَاتَّقُوۡا النَّارَ الَّتِىۡ وَقُوۡدُهَا النَّاسُ وَالۡحِجَارَةُ  ۖۚ اُعِدَّتۡ لِلۡكٰفِرِيۡنَ

Artinya: "Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 24)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (8)

إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. Allah Swt. telah menamakan neraka dan surga dengan nama yang berbeda. Allah Swt. lah yang berhak menentukan tempat kembali berdasarkan setiap catatan amal hamba-Nya." (QS. An-Nisa: 145)

Ayat Al-Qur'an tentang Surga dan Neraka (9)

لَا يَذُوْقُوْنَ فِيْهَا بَرْدًا وَّلَا شَرَابًاۙ. اِلَّا حَمِيْمًا وَّغَسَّاقًاۙ. جَزَاۤءً وِّفَاقًاۗ

Artinya: "Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal." (QS. An-Naba': 24-26)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer