Sukses


Profil Cabor Dayung Indonesia di Olimpiade 2024: Ambisi La Memo Bikin Harum Merah-Putih

Bola.com, Jakarta - Indonesia kembali siap meramaikan persaingan di Olimpiade 2024 Paris. Pesta olahraga multi cabang olahraga (cabor) terbesar di dunia akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024 di Paris sebagai tuan rumahnya.

Sebanyak 29 atlet mewakili kontingen Indonesia. Satu di antara wakil tim Merah-Putih adalah La Memo dari cabang olahraga Dayung. Atlet asal Maluku ini kembali menjadi tumpuan Indonesia mendulang prestasi di ajang Olimpiade.

La Memo adalah atlet dayung putra Indonesia yang meraih tiket Olimpiade 2024 pada bulan April lalu. Kepastian itu didapat setelah dia menempati posisi kedua dalam World Rowing Asian & Oceanian Olympic and Paralympic Qualification Regata di Chungju, Korea Selatan.

La Memo finis di urutan kedua dengan catatan waktu 1:43,71 detik, sementara peringkat pertama atlet dayung Kazakhstan Vladislav Yakovlev membukukan waktu 1:42,78 detik.

Bagi La Memo ini bukan kali pertama dirinya lolos ke ajang olahraga multievent tingkat dunia tersebut. Pria kelahiran Maluku itu merupakan salah satu wakil Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, pada 2016. Dia bahkan berhasil melaju hingga perempat final.

Sementara saat perhelatan Olimpiade 2021 Tokyo, ia gagal tampil karena kalah peringkat dari wakil Indonesia lainnya duet Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri, dikarenakan aturan kualifikasi yang hanya dapat mengirimkan satu perwakilan.

Yuk simak profil singkat La Memo berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Digembleng Sejak Lama

La Memo lahir di Kabupaten Seram, Maluku pada 8 Januari 1995. Potensinya sudah terasah sejak belia. Berlanjut ketika memasuki pelatihan nasional (pelatnas) PB PODSI pada tahun 2012.

La Memo, sapaan akrabnya, telah menjalani kerja yang sederhana selama kurang lebih 12 tahun dengan menaklukkan ombak Situ Cipanunjang, Margaluyu, Pangalengan, Bandung.

Kesetiaan untuk Indonesia ditunjukkan oleh Memo meski harus terpisah jauh dari keluarganya yang menetap dan tinggal di Pulau Osi, Maluku. Kini pria berusia 29 tahun tersebut tengah menatap satu tujuan menaklukkan ombak di Paris untuk membawa bendera Merah Putih berkibar di Olimpiade Paris 2024.

"Kalau di Olimpiade Rio lalu mungkin cuaca bisa cepat beradaptasi, sementara yang lainnya belum bisa di ombak. Kalau sekarang target saya di Olimpiade Paris 2024 lebih baik dari Olimpiade Rio, mungkin masuk babak final," kata La Memo seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (2/7/2024).

3 dari 6 halaman

Belajar dari Pengalaman

Memo nantinya akan bertarung dalam disiplin rowing nomor perseorangan scull (dua dayung) putra. Memo, yang menjadi satu-satunya atlet rowing Indonesia di Olimpiade, menargetkan untuk bisa menembus babak final dan memperbaiki pencapaiannya di Olimpiade Rio 2016 yang hanya mencapai babak perempat final.

Di Situ Cipanunjang, Memo menjalani latihan di bawah tangan dingin pelatih Muhammad Hadris. Meski sebagai satu-satunya atlet rowing Indonesia, Memo menjalani pelatnas tak sendirian karena PB PODSI dan Kemenpora memberikan rekan sparing yakni atlet asal Jawa Barat Rendi Setia Maulana dan atlet asal Maluku Asuhan Pattiiha.

4 dari 6 halaman

Ambisi Besar

Atlet kelahiran Pulau Osi, Maluku tersebut kini tengah menatap Olimpiade keduanya usai menjalani debut di Olimpiade Rio 2016. Memo, sapaan akrabnya, kini tengah menjalani persiapan menuju Paris di Wisma Atlet Dayung PB PODSI, Margaluyu, Pangalengan.

La Memo yang masih berusia 21 tahun saat mengamankan tiket Olimpiade Rio menjadi harapan baru tim Merah Putih. Pasalnya lolosnya atlet kelahiran 8 Januari 1985 tersebut merupakan kali pertama Indonesia ikut serta di cabang rowing Olimpiade setelah terakhir kali ikut serta di Olimpiade Helsinki, Finlandia pada 1952.

Memo mengamankan satu tiket di Olimpiade Rio melalui kualifikasi yang berlangsung di Chungju, Korea Selatan mengulang kisah manisnya usai delapan tahun penantian. Ia menjadi penakluk gelombang Chungju usai untuk kedua kalinya di World Rowing Asian & Oceanian Olympic and Paralympic Qualification Regata di Chungju mampu mengamankan satu tiket menuju Paris.

La Memo memasang target menembus babak final nomor perseorangan scull (dua dayung) putra di Olimpiade Paris 2024.

5 dari 6 halaman

Biodata La Memo

Nama: La Memo

Tempat dan Tanggal Lahir: Kabupaten Seram, Maluku, 8 Januari 1995

Cabor: Dayung

Pencapaian: - Medali Perunggu Asian Games 2022 (Nomor Double Sculls Putra)

Medali Perak Asian Games 2018 Jakarta (Nomor Quadruple Sculls Putra)

6 dari 6 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer