Sukses


Macam-Macam Gelang Pasien yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Gelang pasien adalah perangkat yang digunakan pada pasien di rumah sakit atau fasilitas perawatan kesehatan lainnya. Gelang ini sering terbuat dari karet atau bahan tahan air lainnya dan biasanya dilengkapi dengan tali pengait yang aman.

Gelang pasien memiliki banyak fungsi yang penting dalam perawatan kesehatan, terutama dalam mengidentifikasi pasien yang tepat dan memantau kondisi medis mereka.

Penggunaan gelang pasien memungkinkan tim medis mengidentifikasi pasien dengan cepat dan akurat. Setiap gelang pasien biasanya memiliki nomor unik yang diberikan kepada pasien saat pertama kali masuk rumah sakit.

Nomor ini biasanya terkait dengan catatan medis pasien seperti nama, tanggal lahir, dan diagnosis medis. Dengan menggunakan gelang pasien, petugas medis dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi penting tentang pasien seperti alergi obat atau kondisi medis apa pun yang harus diwaspadai.

Selain itu, gelang pasien merupakan alat yang penting dalam memantau kondisi medis dan status pasien.

Banyak gelang pasien sekarang dilengkapi dengan chip elektronik atau QR code yang dapat menyimpan dan mengakses informasi kesehatan pasien secara real-time. Misalnya, beberapa gelang pasien dapat mengukur denyut jantung, tekanan darah, atau tingkat gula darah pasien.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini macam-macam gelang pasien dalam rumah sakit, Jumat (12/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Gelang Pasien

Gelang pasien biasanya terdiri dari dua jenis bahan, yaitu yang berbahan dasar plastik dengan kancing serta yang berbahan dasar kertas dengan barcode atau stiker khusus.

Barcode pada gelang umumnya menyimpan banyak informasi tentang pasien. Misalnya, jenis obat yang diberikan, dokter yang menangani, riwayat medis, dan sebagainya.

Sampai saat ini, gelang pasien merupakan solusi paling efektif dan menjamin keamanan pasien.

Mengingat fungsi gelang pasien ini sangat penting, gelang ini hanya boleh dilepas ketika pasien sudah diberikan izin untuk pulang ke rumah oleh dokter atau pihak rumah sakit.

Pelepasan gelang pun tidak bisa dilakukan oleh pasien itu sendiri, melainkan harus dilakukan oleh pihak rumah sakit, misalnya perawat.

Berikut macam-macam gelang pasien:

Merah muda

Menunjukkan pasien berjenis kelamin perempuan.

Biru

Identifikasi pasien berjenis kelamin laki-laki.

Putih

Pasien dengan kelamin ganda.

Kuning

Pasien memiliki risiko jatuh atau fall risk.

Merah

Pasien memiliki alergi tertentu.

Ungu

Gelang berwarna ungu berarti DNR (do not resuscitate) atau pasien menolak untuk diberikan tindakan medis.

Hijau

Pasien alergi lateks

Abu-abu

Gelang abu-abu diterapkan oleh petugas medis ketika melibatkan banyak korban. Gelang abu-abu atau disebut dengan multiple victim diberikan pada beberapa pasien yang sudah dapat diidentifikasi identitasnya.

3 dari 4 halaman

Fungsi Gelang Pasien

1. Identifikasi pasien

Gelang pasien digunakan untuk mengidentifikasi pasien yang mencakup informasi seperti nama lengkap, nomor rekam medis, dan kode identifikasi unik lainnya.

Identifikasi yang akurat dan cepat diperlukan untuk memastikan pasien menerima perawatan yang benar dan aman.

2. Keamanan pasien

Warna gelang pasien membantu memastikan keamanan pasien dengan memberikan cara mudah untuk mengenali pasien yang berada di fasilitas kesehatan.

Identifikasi gelang ini mengurangi risiko kesalahan perawatan, pemberian obat yang salah, atau tindakan medis yang keliru.

3. Manajemen informasi medis

Gelang pasien sering kali berisi informasi medis penting, seperti alergi terhadap obat, kondisi medis khusus, atau instruksi khusus untuk perawatan tertentu.

Informasi dalam gelang pasien ini bisa menjadi tanda guna membantu tim medis dalam memberikan perawatan yang sesuai kebutuhan pasien.

4 dari 4 halaman

Fungsi Gelang Pasien

4. Manajemen pasien

Warna gelang pasien juga dapat digunakan dalam manajemen pasien di rumah sakit, termasuk identifikasi status pasien. Misalnya pasien rawat inap, pasien poliklinik, atau pasien darurat.

Tidak hanya itu, gelang pasien juga bisa memberikan informasi tahapan tertentu dalam perawatan yang dijalankan oleh pasien.

5. Kepercayaan pasien pada rumah sakit

Gelang pasien berfungsi sebagai simbol kepercayaan pasien pada rumah sakit. Hal ini berarti gelang ini memberikan kesan bahwa pengobatan atau tindakan yang diberikan rumah sakit tidak akan tertukar dengan pasien lainnya.

Selain itu, gelang menjadi simbol bahwa pasien diberikan tindakan yang sesuai kondisinya.

 

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer