Sukses


Profil Tim Badminton Indonesia di Olimpiade Paris 2024: Tradisi dan Gengsi, Ayo Beraksi!

Bola.com, Jakarta Tim bulutangkis Indonesia bersiap tarung di Olimpiade Paris 2024.

Tim Indonesia diperkuat oleh dua tunggal putra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (Bulutangkis). Kemudian tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, satu pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Badminton menjadi andalan Indonesia untuk merebut medali. Itu sudah menjadi tradisi sejak edisi 1992 di Barcelona, medali emas bersejarah dari Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

Perolehan medali emas Indonesia juga sudah lengkap dari semua sektor. Tunggal putri oleh Susy Susanti (1992), tunggal putra Alan Budikusuma (1992) dan Taufik Hidayat (2004), ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (2016), ganda putra Ricky Subagdja/Rexy Mainaky (1996), Candra Wijaya/Tony Gunawan (2000), dan Hendra Setiawan/Markis Kido (2008).

Pada edisi terakhir Olimpiade 2020 di Tokyo, giliran ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang mempersembahkan emas. Lengkap sudah medali Indonesia.

Namun, tantangan di Paris akan sangat berat. Ini mengingat prestasi bulutangkis Indonesia yang tidak konsisten terutama dalam setahun terakhir. 

Mampukah tim Badminton Indonesia mencapai target tahun ini?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tunggal Putra

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akan menjadi wakil Merah Putih di sektor tunggal putra. Jonatan masuk L bersama Lakshya Sen dari India, Kevin Cordon dari Guatemala, dan Julien Carragi dari Belgia.

Sementara Ginting tergabung dalam Grup H dengan tunggal putra Prancis, Toma Junior Popov dan pebulutangkis Amerika Serikat, Howard Shu.

Jojo debut di Olimpiade Tokyo. Ia menduduki puncak klasemen grup G setelah mengalahkan Aram Mahmoud dan Loh Kean Yew. Namun, Jojo kalah dari Shi Yuqi (China) di babak 16 besar.

Dalam dua tahun terakhir, Jonatan memiliki prestasi yang lumayan. Jojo meraih empat titel, yakni Indonesia Masters 2023, Hong Kong Open 2023, French Open 2023, All England 2024.

Sementara Ginting tanpa gelar dalam setahun terakhir. Namun, ia memiliki modal apik yakni medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

3 dari 6 halaman

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung menunjukkan lonjakan karier yang luar biasa dalam dua tahun terakhir. Grego kini berada di 10 besar tunggal putri dunia (peringkat 9).

Perlahan tapi pasti, Grego menembus persaingan tunggal putri dunia dengan meraih dua gelar sepanjang 2022-2024. Dua titel itu ialah Spain Masters 2023 dan Japan Masters 2023.

Pebulutangkis berusia 24 tahun asal Wonogiri itu debut di Olimpiade pada 2020 dan terhenti di babak 16 besar. Tahun ini adalah kesempatan emas bagi pemain yang akrab disapa Jorji ini untuk upgrade pencapaian di Olimpiade.

Di fase grup Olimpiade 2024, Grego di Grup G bersama Polina Buhrova (Ukraina) dan Tereza Svabikova (Republik Ceska).

4 dari 6 halaman

Ganda Putri

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva masuk grup neraka Olimpiade Paris 2024.

Dalam undian BWF yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/7/2024), Apri/Fadia masuk Grup A. Di grup tersebut, ada tiga ganda putri kuat lainnya.

Peringkat satu dunia asal China, Chen Qing Chen/Jia Yifan, kemudian andalan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Jelas ini adalah tantangan yang sangat berat bagi Apri/Fadia. Tapi, pengalaman Apri sebagai pemegang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi modal yang snagat apik.

 

5 dari 6 halaman

Ganda Campuran

Zheng Siwei dan Huang Yaqiong akan menjadi lawan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Hasil drawing Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga bulutangkis nomor Ganda Campuran adalah sebagai berikut.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Kim Won Ho/Jeong Na Eun, dan Thom Gicquel/Dephine Delrue adalah pasangan ganda yang tangguh di Grup A. Mereka adalah musuh yang akan dihadapi Rinov dan Pita pada Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Rinov/Pitha kalah 0-2 dalam rekor pertemuan mereka melawan Zheng/Huang, tetapi mereka menang melawan dua lawan potensial lainnya.

Rinov/Pitha memimpin 2-0 dalam pertandingan sebelumnya melawan Kim/Jeong. Mereka juga memimpin 2-1 dalam pertandingan sebelumnya melawan Gicquel/Delrue.

Di nomor ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Indonesia sempat meraih medali emas. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat itu yang menjadi pahlawan Merah Putih.

6 dari 6 halaman

Ganda Putra

Nomor ganda putra bulutangkis selalu menjadi andalan di ajang Olimpiade. Untuk edisi Paris 2024, hanya ada satu wakil Indonesia yang akan berlaga.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui ada beban tersendiri karena akan tampil untuk kali pertama di Olimpiade 2024. Namun, mereka tidak mau menyia-nyiakan peluang emas yang datang. 

Olimpiade 2024 akan bergulir di Paris, Prancis, 26 Juli-11 Agustus. Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda putra. 

“Kami excited banget karena ini adalah pertama kalinya lolos Olimpiade. Tapi, jangan dijadikan over excited karena walaupun tujuannya memenangkan emas, itu kami jadikan motivasi untuk menghadapi Olimpiade,” kata Fajar di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2024).

Saat ditanya apakah penampilan perdana mereka di Olimpiade nanti memberikan beban tersendiri, sang juara bertahan All England Open tidak mengelak.

“Pasti ada beban, tetapi saya dan Rian lebih menikmati dan bagaimana beban ini menjadi motivasi untuk kami karena tidak ada waktu dan kesempatan yang bisa datang dua kali. Apalagi, waktu 2020 kami tidak lolos Olimpiade,” ujar Fajar.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer