Sukses


Doa dan Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid yang Penting Dipahami

Bola.com, Jakarta - Bagi muslimah, haid merupakan hal yang wajar dan fitrah. Namun, saat haid berlangsung, ada beberapa ibadah yang tidak bisa dilakukan, seperti salat, puasa, bahkan membaca Al-Qur'an.

Setelah haid selesai, muslimah wajib melakukan mandi wajib atau mandi junub untuk kembali ke keadaan suci dan bisa menjalankan ibadah dengan sempurna.

Mandi wajib setelah haid bukan hanya kewajiban, tetapi juga merupakan bentuk mensyukuri nikmat Allah Swt. Dengan mandi wajib, muslimah dapat kembali terhubung dengan Allah Swt. dan menjalankan ibadah dengan penuh khusyuk.

Seperti diketahui, dalam Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman, dan mandi wajib adalah satu di antara bentuk nyata dari prinsip ini.

Di bawah ini akan dibahas secara terperinci doa dan tata cara mandi wajib setelah haid, yang perlu dilakukan. Dengan memahami, diharapkan setiap muslimah dapat menjaga kebersihan diri dan kesucian ibadahnya.

Berikut doa dan tata cara mandi wajib setelah haid yang penting dipahami setiap muslimah, Jumat (12/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa setelah Mandi Wajib

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

"Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina."

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu menyucikan diri."

3 dari 3 halaman

Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid

  • Membaca niat mandi wajib setelah haid.
  • Bersihkan kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.
  • Mulai membersihkan kotoran-kotoran yang tersembunyi dengan tangan kiri, seperti kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar, dan lain sebagainya.
  • Mencuci tangan dengan cara menggosokkan ke sabun atau tanah.
  • Berwudu.
  • Menyela pangkal rambut menggunakan jari-jari tangan yang telah dibasuh air hingga menyentuh kulit kepala.
  • Membasuh seluruh tubuh dengan air yang dimulai dari sisi kanan lalu kiri.
  • Memastikan seluruh lipatan kulit serta bagian yang tersembunyi ikut dibersihkan.

 

- Niat Mandi Wajib setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla lifraf il hadatsil akbari minal haidil lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer