Sukses


Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta Asmaul husna, yang berarti "Nama-nama Indah Allah", merupakan kumpulan 99 nama yang masing-masing menggambarkan sifat-sifat Allah yang agung dan sempurna.

Asmaul husna tidak hanya mengandung makna yang dalam, tetapi juga menjadi pedoman bagi umat muslim dalam mengenal dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Dalam Al-Qur'an dan hadis, asmaul husna sering disebutkan dan dijelaskan untuk menunjukkan betapa luas dan sempurnanya sifat-sifat Allah.

Ya, melalui nama-nama ini, umat muslim diajak untuk mengenal Allah lebih dekat dan lebih mendalam.

Dengan mempelajari asmaul husna, diharapkan setiap muslim dapat lebih mengenal Tuhannya, meningkatkan kualitas ibadah, dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kehidupan.

Sederhananya, pengenalan dan pemahaman terhadap asmaul husna diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang.

Berikut hadis dan ayat Al-Qur'an tentang asmaul husna yang bisa dicermati umat muslim, Senin (15/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna

Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (1)

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf: 180)

Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (2)

قُلِ ٱدْعُوا۟ ٱللَّهَ أَوِ ٱدْعُوا۟ ٱلرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَّا تَدْعُوا۟ فَلَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَٱبْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Artinya: "Katakanlah: Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (QS. Al-Isra': 110)

Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (3)

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ

Artinya: "Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik)." (QS. Thaha: 8)

3 dari 3 halaman

Hadis dan Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna

Ayat Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (4)

هُوَ ٱللَّهُ ٱلْخَٰلِقُ ٱلْبَارِئُ ٱلْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. Al-Hasyr: 24)

Hadis Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (1)

"Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, 100 kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga." (HR. Bukhari)

Hadis Al-Qur'an tentang Asmaul Husna (2)

"Saya meminta kepada-Mu dengan perantara semua nama-Mu, yang Engkau gunakan untuk menamakan diri-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang diantara makhluk-Mu, atau yang Engkau simpan dalam sebagai rahasia di sisi-Mu." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer