Sukses


9 Dalil tentang Tanggung Jawab yang Penting Dipahami

Bola.com, Jakarta - Tanggung jawab merupakan satu di antara nilai mendasar yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam, baik melalui Al-Qur'an maupun hadis.

Tanggung jawab bukan hanya tentang kewajiban individu terhadap dirinya sendiri, tetapi juga terhadap keluarganya, masyarakat, dan yang paling utama kepada Allah Swt.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanggung jawab bisa meliputi berbagai aspek seperti menjaga amanah, berbuat adil, serta menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan keikhlasan.

Pengingkaran terhadap tanggung jawab tidak hanya membawa dampak negatif dalam kehidupan dunia, tetapi juga memiliki konsekuensi di akhirat.

Pengajaran tentang tanggung jawab banyak ditemukan dalam sejumlah dalil, baik hadis maupun ayat Al-Qur'an.

Diharapkan, pemahaman yang diperoleh turut memperkuat pemahaman tentang tanggung jawab, yang menegaskan pentingnya sikap ini dalam kehidupan manusia.

Berikut sembilan dalil tentang tanggung jawab yang penting dipahami umat muslim, Selasa (16/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Tanggung Jawab

Dalil tentang Tanggung Jawab (1)

كُلُّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْ رَهِيْنَةٌۙ

Artinya: "Setiap orang bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya." (QS. Al Muddassir: 38)

Dalil tentang Tanggung Jawab (2)

۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS. An Nahl: 90)

Dalil tentang Tanggung Jawab (3)

"Semua kamu adalah pemimpin dan seluruh pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya atas mereka yang dipimpin. Imam (presiden, raja) adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas rakyatnya.

Suami adalah pemimpin dalam keluarganya dan bertanggung jawab atas keluarganya itu. Istri adalah pemimpin di rumah tangganya dan bertanggung jawab atas rumah tangganya itu.

Pembantu adalah pemimpin bagi harta tuannya dan bertanggung jawab atasnya. Dan, kalian semua adalah pemimpin serta bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya." (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Tanggung Jawab

Dalil tentang Tanggung Jawab (4)

"Allah Swt. akan mempertanyakan semua orang yang memegang amanah atas amanah yang ia tanggung, apakah ia memeliharanya atau menyia-nyiakannya? Hingga Allah Swt. akan mempertanyakan seseorang pada keluarganya." (HR. Muslim)

Dalil tentang Tanggung Jawab (5)

"Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, engkau akan ditanyakan tentang nikmat ini pada hari kiamat, engkau keluar dari rumahmu dalam keadaan lapar, dan engkau tidak kembali hingga engkau mendapatkan nikmat." (HR. Muslim)

Dalil tentang Tanggung Jawab (6)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim: 6)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Tanggung Jawab

Dalil tentang Tanggung Jawab (7)

"Allah Swt. akan mempertanyakan manusia pada hari kiamat nanti hingga menanyakan tentang: Apa yang menghalangimu ketika melihat kemungkaran sehingga engkau tidak mencegah kemungkaran itu?

Ketika Allah Swt. mengajarkan kepada sang hamba untuk menjawabnya, sang hamba akan segera menjawab, 'Wahai Rabbku, aku hanya mengharapkan-Mu, dan aku telah meninggalkan manusia'." (HR. Ahmad)

Dalil tentang Tanggung Jawab (8)

"Dua kaki seorang hamba tidak akan bergeser dari hadapan Rabbnya hingga ia dipertanyakan atas lima perkara: Tentang umurnya dia pergunakan untuk apa?

Tentang masa mudanya di mana ia habiskan? Tentang hartanya dari mana ia dapatkan? Dan, ke mana ia nafkahkan? Serta, bagaimana ia mempraktikkan dengan ilmu yang ia miliki?" (HR. Tirmidzi)

Dalil tentang Tanggung Jawab (9)

اَفَحَسِبۡتُمۡ اَنَّمَا خَلَقۡنٰكُمۡ عَبَثًا وَّاَنَّكُمۡ اِلَيۡنَا لَا تُرۡجَعُوۡنَ

Artinya: "Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?" (QS. Al-Mu’minun: 115)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer