Sukses


5 Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab yang Bisa Jadi Renungan

Bola.com, Jakarta - Di tengah hiruk pikuk kehidupan, kita tak jarang dihadapkan dengan berbagai pilihan dan konsekuensinya. Dalam Islam, panduan untuk menjalani hidup yang penuh makna dan tanggung jawab tertuang indah dalam ayat-ayat Al-Qur'an.

Ayat-ayat Al-Qur'an ini bagaikan lentera yang menerangi jalan, menuntun kita untuk menjadi pribadi yang berkarakter dan senantiasa berpegang teguh pada amanah yang diemban.

Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang tanggung jawab bukan hanya tentang kewajiban, tetapi juga tentang peluang untuk mengembangkan diri dan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dengan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman, kita dapat melangkah dengan penuh keyakinan dan menapaki jalan menuju kehidupan yang bermakna dan penuh tanggung jawab.

Berikut lima ayat Al-Qur'an tentang tanggung jawab yang bisa direnungkan umat muslim, Rabu (17/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab (1)

كُلُّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْ رَهِيْنَةٌۙ

Artinya: "Setiap orang bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya." (QS. Al Muddassir: 38)

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab (2)

۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS. An Nahl: 90)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab (3)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim: 6)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab (4)

اَفَحَسِبۡتُمۡ اَنَّمَا خَلَقۡنٰكُمۡ عَبَثًا وَّاَنَّكُمۡ اِلَيۡنَا لَا تُرۡجَعُوۡنَ

Artinya: "Maka, apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?" (QS. Al-Mu’minun: 115)

Ayat Al-Qur'an tentang Tanggung Jawab (5)

وَلَا تَقۡفُ مَا لَـيۡسَ لَـكَ بِهٖ عِلۡمٌ‌ ؕ اِنَّ السَّمۡعَ وَالۡبَصَرَ وَالۡفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤٮِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔوۡلًا

Artinya: "Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya." (QS. Al-Isra: 36)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer