Sukses


Mitos Kemangi yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kemangi atau disebut juga dengan nama ilmiah Ocimum basilicum var. Citriodorum, adalah tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap rasa dan aroma pada masakan tradisional Indonesia. Tanaman ini memiliki daun yang kecil dan berwarna hijau, dengan aroma yang segar dan menyegarkan.

Kemangi biasanya digunakan dalam hidangan seperti soto, pecel, atau sebagai hiasan pada makanan penutup. Selain itu, kemangi merupakan bahan dasar dalam pembuatan minuman seperti teh kemangi atau air kemangi.

Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kalsium, vitamin C, dan vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain manfaat kesehatan, kemangi memiliki manfaat lain, seperti sebagai antiseptik alami untuk mengobati luka atau sariawan, dan sebagai obat pereda masuk angin atau gangguan pencernaan.

Daun kemangi juga memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam penggunaannya sebagai penyedap rasa, kemangi memberikan aroma yang khas dan segar pada masakan. Rasanya yang sedikit pedas memberikan keunikan tersendiri dalam hidangan. Kandungan minyak esensial dalam kemangi, seperti eugenol dan linalool, berkontribusi pada rasa dan aroma yang lezat.

Tak hanya itu, kemangi ternyata memiliki sederet mitos yang perlu diketahui oleh masyarakat umum. Penasaran? Berikut ini penjelasan seputar mitos kemangi, Kamis (18/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mitos Kemangi yang Perlu Diketatahui

·  Pembawa Keberuntungan

Dalam beberapa budaya, kemangi dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Menanam kemangi di dekat rumah dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa kesejahteraan bagi penghuni rumah.

·  Tanaman Suci

Di India, kemangi dianggap suci dan sering ditanam di dekat kuil atau di halaman rumah. Tanaman ini dipersembahkan kepada dewa-dewa Hindu dan digunakan dalam berbagai upacara keagamaan.

·  Pengusir Nyamuk

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kemangi dipercaya dapat mengusir nyamuk. Beberapa orang bahkan menaruh daun kemangi di bawah bantal untuk mencegah gigitan nyamuk saat tidur.

3 dari 3 halaman

Mitos Kemangi yang Perlu Diketatahui

·  Cinta dan Kesetiaan

Dalam beberapa cerita rakyat, kemangi dikaitkan dengan cinta dan kesetiaan. Memberikan kemangi kepada seseorang dianggap sebagai tanda kasih sayang dan komitmen.

·  Pengobatan Tradisional

Kemangi juga dikenal dalam pengobatan tradisional sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Beberapa mitos menyebutkan bahwa kemangi dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari batuk hingga gangguan pencernaan.

 

Yuk, baca artikel mitos lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer