Sukses


Pengertian Imperialisme beserta Macam-Macam Bentuknya

Bola.com, Jakarta - Imperialisme adalah sebuah konsep politik dan ekonomi yang merujuk pada praktik negara-negara yang kuat dalam mencari pengaruh, kontrol, dan ekspansi wilayah atas negara-negara yang lemah atau tergantung.

Dalam konteks ini, negara-negara imperialis cenderung menggunakan kekuatan militer dan ekonomi mereka untuk menguasai sumber daya alam, pasar, dan wilayah yang kaya.

Pada umumnya, imperialisme berawal dari perkembangan kolonialisme di abad ke-16, di mana negara-negara seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal menguasai banyak wilayah di seluruh dunia.

Tujuan utama imperialisme adalah untuk memperoleh keuntungan ekonomi, seperti sumber daya alam yang berlimpah, tenaga kerja murah, pasar yang besar, dan akses ke jalur perdagangan strategis. Selain itu, imperialisme memperkuat dominasi politik dan cultural suatu negara terhadap negara-negara yang dikuasai.

Namun demikian, imperialisme sering kali mendatangkan akibat negatif bagi negara yang dikuasai. Negara-negara imperialis sering mengeksploitasi kekayaan alam dan manusia negara yang mereka kuasai tanpa memberikan manfaat yang adil bagi penduduk asli.

Keberlanjutan eksploitasi ini menyebabkan kemiskinan, kelaparan, dan ketidakadilan yang meluas di negara-negara yang dikuasai oleh imperialis.

Setelah memahami apa itu imperialisme, simak pula macam-macam bentuknya. Berikut ini macam-macam bentuk imperalisme, Kamis (18/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Macam-Macam Bentuk Imperialisme

·  Penjajahan Kolonial

Pengambilalihan langsung atas wilayah-wilayah asing untuk dijadikan koloni, dengan pengaturan pemerintahan, ekonomi, dan sosial yang diatur oleh negara penjajah.

·  Imperialisme Ekonomi

Memanfaatkan pengaruh ekonomi untuk mengontrol dan memanipulasi ekonomi negara-negara lain, misalnya melalui investasi besar, kontrol atas sumber daya alam, atau dominasi pasar.

·  Imperialisme Politik

Menegakkan pengaruh politik atau kekuatan militer untuk memengaruhi keputusan politik di negara-negara lain atau untuk menjaga kestabilan politik dalam wilayah-wilayah tertentu.

·  Imperialisme Budaya

Penyebaran nilai-nilai, bahasa, agama, atau budaya dari negara imperialis ke negara-negara yang dikuasainya, sering kali melalui pendidikan, media, atau institusi budaya.

 

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer